Cara dan Syarat Daftar Jadi Pengemudi atau Driver Grab Secara Online 2019

Kali ini kami akan membahas bagaimana cara mendaftar menjadi mitra pengemudi Grab secara online 2019. Pendaftaran online menjadi driver Grab ini bisa dilakukan lewat komputer maupun smartphone/handphone, yang penting di dalam perangkat tersebut ada browser yang bisa digunakan untuk membuka website Grab.

Yang kita bahas di artikel ini adalah pendaftaran driver untuk GrabCar. Karena dalam Grab ada beberapa layanan lainnya seperti Grab Hitch dan Grab Bike. GrabCar sendiri merupakan layanan pemesanan mobil pribadi secara online, yang bisa disewa dari satu tujuan ke tujuan lainnya.

Bagi teman-teman yang memiliki mobil pribadi, tidak ada salahnya mendaftar menjadi mitra Grab Car, ini bisa jadi lowongan kerja yang tak boleh disia-siakan begitu saja, apalagi kalau mobilnya jarang dipakai. Daripada cuma sering parkir nganggur di garasi, kenapa tidak dimanfaatkan untuk kerja sampingan dan mendapatkan penghasilan tambahan untuk kesejahteraan keluarga.


Meskipun tidak memiliki mobil sendiri, kita juga bisa tetap melamar kerja sebagai sopir Grab Car dengan menggunakan mobil koperasi atau mobil rental yang telah didaftarkan kepada GrabCar.

Bekerja menjadi mitra pengemudi/sopir Grab Car

Dilangsir dari website resmi Grab Indonesia, Grab memiliki berbagai keunggulan dan keistimewaan yang sangat menguntungkan bagi para mitranya. Di antaranya:

Waktu Kerja Fleksibel

Menjadi Mitra GrabCar tidak terikat jam kerja. Pengemudi dapat memilih waktu bekerja sesuai kebutuhan dan keinginan. Mau narik dari pagi, siang, tengah malam, atau bahkan mau libur tidak narik sama sekali terserah, bebas.

Penghasilan yang Baik

Menjadi sopir GrabCar berpotensi mendapatkan penghasilan hingga belasan juta per bulan. Apalagi sekarang, dengan layanan terbaru GrabShare, driver berkesempatan mendapatkan penghasilan hingga 2x lipat dalam 1 perjalanan.

Program Gold Driver

Ada program Gold Driver, yaitu program kepemilikan kendaraan bagi pengemudi GrabCar berprestasi.

Jaminan Asuransi

Grab memberikan asuransi jiwa kepada pengemudi GrabCar hingga maksimum Rp. 68.000.000 per orang.

Itulah keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh Grab kepada para calon mitranya. Buat teman-teman yang berminat ngegrab, bisa melakukan pendaftaran secara online kapanpun dan di manapun.

Ada beberapa persyaratan untuk menjadi pengemudi GrabCar. Pertama syarat mobil yang bisa digunakan untuk menjadi mitra Grab. Ketentuan kendaraan yang dapat didaftarkan adalah mobil tahun 2012 ke atas. Ya, mobil pribadi di atas tahun 2012. Di bawah itu tidak diterima.

Untuk jenis-jenis mobilnya yang bisa di daftarkan antara lain:

MPV: Avanza, Xenia, Ertiga, APV, Evalia, Luxio, Mobilio, Innova, Panther, Grand Livina, Freed, Spin, Sienta, Cayla, Sigra.

SUV: C-RV, B-RV, H-RV Terios, Rush, Ford Ecosport.

Sedan: Civic & Vios.

Hatchback: Toyota Yaris, Honda Jazz, Swift, Ford Fiesta, Mazda 2, Etios Valco, Nissan March, Honda Brio, Hyundai, Avega, Mirage.

Selanjutnya syarat dan ketentuan perangkat seluler/HP yang harus dimiliki oleh calon driver. Pelamar harus memiliki HP berbasis Android dengan memori 16GB dan sekurang-kurangnya mempunyai RAM 1 GB. Tidak bisa menggunakan HP Smartphone CDMA.

Hal-hal yang wajib dipersiapkan untuk pendaftaran.
  1. Foto Profil
  2. KTP yang masih berlaku/E-KTP seumur hidup
  3. SIM A/B/B1 yang masih berlaku
  4. SKCK yang masih berlaku
  5. STNK
  6. Polis Asuransi (bisa menyusul)
  7. Email aktif di Gmail.
  8. Nomor hp aktif.

Untuk foto profil, fotonya harus jelas, tidak boleh mengenakan aksesoris seperti kacamata, topi, bando, dan lain-lain. Gunakan latar belakang polos dan tidak terhalang objek.

Untuk SIM, KTP, SKCK dan STNK, tidak boleh di-scan menggunakan alat scanner. Cukup difoto dengan kamera hape. Tapi gambarnya harus terlihat jelas sehingga mudah dibaca. Tidak boleh pecah atau ngeblur. Dan yang paling penting, dokumen-dokumen tersebut harus masih berlaku!

Setelah memenuhi syarat dan ketentuan di atas, kita sudah bisa mengirimkan lamaran kerja secara online untuk menjadi mitra pengemudi/sopir GrabCar.

Berikut ini tata cara atau langkah-langkah pendaftaran menjadi driver Grab secara online:
  • Kunjungi alamat web pendaftaran online GrabCar Indonesia di http://grb.to/daftar atau langsung saja klik Di Sini.
  • Di kolom Wilayah, sudah ada pilihan wilayah-wilayah yang sudah tersedia layanan Grab. Silahkan pilih wilayah kita kerja kita.
  • Di kolom Kota, juga sudah tersedia pilihan kota-kota di mana Grab sudah beroperasi. Silakan pilih kota tempat tinggal kita.
  • Masukkan nama Depan dan Nama belakang kita.
  • Input nomor handphone pribadi kita yang masih aktif.
  • Input alamat email kita yang aktif dan masih bisa diakses.
  • Pilih tipe kendaraan. Apakah kendaraan pribadi atau mobil rental/koperasi terdaftar.
  • Di kolom dari mana Anda tahu tentang kami? Silahkan diisi dari mana kita mendapat informasi lowongan kerja jadi pengemudi Grab tersebut. Di situ sudah terdapat banyak pilihan. Kalau tahunya dari blog ini, pilih saja Blog/Forum.
  • Terakhir klik Mendaftar.
  • Halaman selanjutnya adalah memverifikasi nomor telepon. Cek SMS masuk, kita akan mendapat kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi tersebut.
  • Kita akan mendapat dua pesan masing-masing dari email dan SMS, yang isinya hampir sama, yaitu perintah untuk melengkapi pendaftaran dengan meng-upload berkas-berkas persyaratannya.
  • Selanjutanya upload dokumen wajib yang telah dipersiapkan tadi. Foto Profil, foto KTP, foto STNK dan foto SKCK.
  • Selain dokumen wajib tersebut, ada juga dokumen tidak wajib yang jika tidak dimasukkan tidak apa-apa. Tapi sebaiknya kalau ada silakan di-upload saja. Dokumen-dokumen tidak wajib tersebut antara lain, Perjanjian sewa kendaraan, surat konfirmasi koperasi, KEUR (uji kir), Kartu Keluarga, Kontak Darurat, asuransi kendaraan, NPWP, Informasi rekening dan foto narsis memegang formulir pendaftaran.
  • Jika proses upload dokumen telah selesai dan semua telah benar. Silakan menunggu dulu kurang lebih 1 hari. Nanti kita akan mendapatkan email dan SMS yang isinya jadwal undangan untuk melakukan sesi lanjutan/training di kantor Grab.
Demikianlah prosedur cara mengajukan lamaran kerja menjadi mitra Grab Car 2018 secara online. Selain pengajuan via online tersebut, kita juga boleh mendaftar langsung dengan mengunjungi booth ataupun kantor pelayanan Grab yang tersebar di beberapa kota besar seluruh Indonesia.

2 Responses to "Cara dan Syarat Daftar Jadi Pengemudi atau Driver Grab Secara Online 2019"

  1. Untuk yang mau nge grab tapi ga ada akun dan mobil kami ada solusinya, mobil dibawa pulang biaya rental setoran per hari khusus domisili Jabodetabek
    Minat WA saya di : 085155320133

    BalasHapus
  2. Iya saya mau gabung jadi driver Grab

    BalasHapus