Berbagai Keuntungan Mencairkan Uang JHT Secara Online yang Belum Banyak Diketahui Umum

Kelebihan dan keunggulan kalau kita memilih mencairkan uang jaminan hari tua BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek secara online melalui layanan E-KLAIM JHT. Setidaknya saat ini ada tiga jalur yang bisa kita gunakan untuk mengambil uang jht. Pertama klaim JHT menggunakan cara lama, yaitu dengan datang langsung kantor BPJS TK terdekat. Kedua mengajukan permohonan pencairan secara online melalui layanan E-klaim JHT. Dan yang ketiga melakukan proses pencairan di bank-bank tertentu yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Dari tiga cara tersebut semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Tapi menurut kami pribadi, metode mencairkan via online yang paling banyak memiliki manfaat serta keunggulan. Apalagi di era internet seperti sekarang ini, yang mana berbagai transaksi bisa dipermudah lewat internet. Makanya akhir-akhir ini semakin banyak peserta BPJS TK yang memilih mencairkan dana JHT nya secara online.

Pencarian JHT BPJS Ketenagakerjaan Online via E-klaim

Selain itu, dengan padatnya orang yang mencairkan secara langsung, banyak kantor BPJS Ketenagakerjaan yang menyarankan agar peserta memproses permohonan klaim lewat online.
Baca Juga: Syarat Mencairkan JHT Bagi Peserta Yang Belum Memiliki KTP Elektronik
Berikut inilah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika mengurus pencairan dana JHT secara online.

Bisa Diajukan Dari Rumah

Asalkan memiliki komputer atau laptop serta fasilitas untuk akses internet, tentu pengajuan pencairan JHT online melalui layanan e-Klaim ini bisa dilakukan dari rumah sambil santai-santai minum kopi atau sambil ngupil. Tidak perlu berjubel di kantor BPJS Ketenagakerjaan demi mendapat nomor antrian.

Cukup buka website bpjs ketenagakerjaan, log in menggunakan akun milik kita, pilih menu E-klaim, mengisi data kepesertaan dan data kependudukan, memasukkan berkas-berkas persyaratan yang telah di-scan, lalu kirim. Kalau berkas lengkap, nanti kita akan dapat undangan ke kantor BPJS TK untuk menyerahkan berkas-berkas asli. Setelah itu kita tinggal menunggu tabungan JHT kita cair dikirim ke rekening bank kita.

Praktis sekali bukan?

Dan seandainya di rumah tidak punya PC, kan sekarang warnet sudah menjamur di mana-mana. Pengiriman file berkas bisa dilakukan di sana. Paling lama setengah jam sudah rampung.

Berkas Bisa Difoto Menggunakan Kamera HP

Mungkin yang sedikit menyulitkan bagi peserta yang mau klaim JHT secara online adalah pada saat akan scan berkas. Alasannya tidak punya alat scanner. Tidak tahu cara men-scan berkas. Padahal berkas tidak harus discan dengan alat yang biasa digunakan untuk scanner. Cukup difoto menggunakan kamera smartphone. Yang penting hasilnya jelas dan dengan ukuran minimal 100KB dan maksimal 1,8MB.

Atau kalau mau hasil lebih bagus, bisa download aplikasi scanner yang tersedia untuk smartphone Android ataupun IOS, namanya Aplikasi CamScanner.

Tidak Perlu Bolak-balik ke Kantor BPJS TK

Dengan melakukan permohonan pencairan JHT secara on-line, kita tidak perlu lagi bolak-balik mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan. Cukup sekali saja, yaitu setelah permohonan disetujui.

Bandingkan dengan peserta-peserta yang mencairkan JHT melalui cara lama. Ada yang sampai harus berkali-kali mendatangi kantor BPJS TK. Hari pertama untuk mengambil nomor antrian, hari lainnya penyerahan berkas. Belum lagi kalau seandainya ada persyatan yang kurang atau salah, jelas masih harus bolak-balik untuk melengkapi persyaratan.

Bebas Dari Antrian Panjang

Kelebihan lainnya dari melakukan proses pencairan JHT via online adalah kita perlu lagi ikut duduk bosan berjam-jam di ruang tunggu menanti nama kita dipanggil, seperti peserta-peserta yang mengurus klaim tidak secara online. Mereka kadang sudah antri dari pagi, hampir dzhur baru dapat giliran.

Bagi peserta yang diundang ke kantor Bpjs ketenagakerjaan karena scan e-Klaim JHT-nya sudah disetujui, nantinya akan diberikan nomor khusus antrian pencairan online. Karena jumlah orang yang klaim JHT online tidak banyak, waktu tunggu antriannya juga tidak akan lama. Bahkan terkadang baru datang langsung diproses.

Tidak Harus Datang Kantor BPJS TK Pagi-pagi Banget

Peserta yang sudah mengajukan klaim JHT secara on-line akan diberikan undangan via email untuk datang ke kantor BPJS TK membawa dokumen-dokumen asli. Masa berlaku undangan tersebut adalah 7 hari kerja sejak undangan diberikan. Jadi selama masih dalam masa berlaku, kita bebas datang jam berapa saja. Tidak harus pagi-pagi sekali seperti peserta yang mengurus dengan cara biasa.

Yang penting darangnya pada jam dan hari kerja kantor BPJS TK. Jam kerjanya adalah mulai jam 08.00 sampai dengan pukul 15.00 WIB, dari hari Senin hingga Jumat. Sabtu, Minggu dan tanggal merah tutup. Mau datang siang pun klaim kita akan segera diproses. Karena kita akan diberi nomor antrian khusus peserta klaim JHT online seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Proses Pencairan Lebih Singkat

Keunggulan lainnya dari mengurus uang JHT dengan cara online ialah lebih singkatnya tahapan-tahapan yang harus dilewati. Tidak perlu rebutan nomor antrian, ceklis kelengkapan berkas, tidak banyak mengisi data-data ini itu, sebab kita sudah mengisinya saat proses pengiriman scan berkas.

Aman Dari Calo Pencairan Jamsostek

Manfaat berikutnya jika memilih pencairan JHT secara online ini adalah kita bisa terhindar dari kemungkinan kena calo. Sebab terkadang di sekitar kantor BPJS Ketenagakerjaan banyak beredar calo-calo Jamsostek, yang menawarkan bantuan mempermudah proses pencarian, tapi tentu saja dengan meminta imbalan yang biasanya cukup besar.

Calo tidak akan berkutik jika kita datang karena sudah mengajukan klaim online. Karena bisa dibilang kedatangan kita tinggal proses terakhir. Proses pemeriksaan data. Setelah itu tinggal menunggu uang jaminan hari tua ditransfer ke rekening. Jadi sama sekali tidak membutuhkan bantuan siapa-siapa lagi apalagi calo.
Baca Juga: Panduan Lengkap Mencairkan Uang Jaminan Hari Tua Secara Online Melalui Layanan e-Klaim JHT
Itulah beberapa keunggulan yang bisa kita dapatkan jika kita memilih mencairkan dana JHT via online. Bagaimana? Jika teman-teman tertarik ingin mencobanya, silakan membaca petunjuk mengajukan permohonan pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek secara online melalui layanan E-klaim yang telah kami tulis sebelumnya.

4 Responses to "Berbagai Keuntungan Mencairkan Uang JHT Secara Online yang Belum Banyak Diketahui Umum"

  1. Klo mencairkan dana Bpjsketenagakerjaan tanpa buku rekening,apa bisa cair dengan uang cas

    BalasHapus
  2. Pengajuan saya untuk rekening bca expresi tanpa buku tabungan tetapi atas nama saya pribadi apakah bisa untuk pencairan ?

    BalasHapus