13 Penyebab Pencairan JHT BPJS TK Ditolak dan Cara Mengatasinya

Proses mencairkan uang Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) sebenarnya cukup mudah dan lancar asalkan kita memenuhi semua syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Tapi memang tidak bisa dipungkiri, ketatnya peraturan serta banyaknya dokumen yang harus dilampirkan, membuat banyak peserta yang terkendala kelengkapan berkas. Sehingga akhirnya pengajuan klaim ditolak dan dana JHT belum bisa cair!

Tapi perlu diketahui, bahwa banyaknya berkas yang diminta, serta segala peraturan yang diberlakukan, bukanlah bermaksud untuk mempersulit peserta dalam mengambil hak-nya. Hal itu semata-mata supaya dana JHT diterima oleh pihak yang tepat. Tidak salah sasaran jatuh kepada orang yang salah.

Baca Juga: Pahami Perbedaan Persyaratan Persyaratan Dokumen Pencairan JHT Bagi Peserta Resign, PHK dan Habis Kontrak
Di tulisan kali ini kami akan membahas tentang bermacam-macam alasan kenapa permintaan pencairan tabungan JHT kita tidak disetujui kantor BPJS TK. Namun harap digarisbawahi, bahwa yang kami bahas ini hanyalah kendala untuk pencairan JHT seluruhnya alias 100% bagi peserta non aktif dan sudah tidak bekerja lagi. Sebab ada juga kan pencairan JHT sebesar 10% dan 30% untuk peserta yang masih aktif dan masih berstatus karyawan?

Baik, berikut ini13 penyebab pengajuan klaim uang JHT kita ditolak oleh kantor BPJS TK, lengkap dengan tips dan cara mengatasinya.

1. Kartu Kepesertaan Hilang

KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau kartu anggota BPJS TK merupakan bukti bahwa kita benar-benar peserta BPJS Ketenagakerjaan dan belum mencairkan saldo JHT milik kita. Jadi ketika kita mengurus klaim JHT wajib menunjukkan kartu tersebut. Jika tidak, dijamin pengajuan klaim kita akan ditolak! Alasan kenapa tidak bisa menunjukkan kartu anggota tersebut bisa bermacam-macam, misalnya hilang, rusak, terbakar dan sebagainya.

Nah supaya tetap bisa mengambil uang JHT walau tanpa kartu peserta BPJS TK, solusinya adalah dengan membuat surat kehilangan dari kepolisian. Dan setelah memiliki surat keterangan hilang dari polisi, sebaiknya segera melakukan proses pencairan JHT, karena surat tersebut biasanya hanya berlaku beberapa hari.

Oh iya, saat ini sudah tidak berlaku lagi membuat surat keterangan dari kepolisian jika kartu kepesertaan anda hilang. Ada solusi yang juah lebih mudah! Apa itu? Silakan baca panduan selengkapnya di artikel ini: Cara Mudah dan Terbaru Tahun 2020 Mencairkan Uang JHT Jika Kartu BPJS TK (Jamsostek) Anda Hilang

2. Tidak/Belum Punya KTP Elektronik

E-KTP merupakan salah satu dokumen yang wajib dilampirkan saat memproses pencairan JHT. Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum di KTP elektronik akan digunakan untuk validasi data faktual. Klaim tabungan JHT tidak akan disetujui jika tidak bisa menunjukkan kartu identitas berupa KTP Elektronik. Tidak bisa diganti dengan kartu identitas lain misalnya SIM, Kartu anggota partai, kartu Indonesia pintar dan sebagainya.

Mengingat membuat E-KTP juga tidak gampang dan prosesnya cukup lama, sebagai gantinya kita bisa membawa resi resmi e-KTP yang dikeluarkan oleh dinas kependudukan dan catatan sipil atau kelurahan. Resi resmi tersebut akan diterima oleh pihak bpjs tk dan bisa digunakan untuk mengurus pengambilan dana JHT.

3. Tidak Memiliki Paklaring

Dalam mengurus pencairan JHT, kita wajib membawa surat keterangan dari perusahaan. Surat keterangan tersebut bisa berupa paklaring, bisa surat pengalaman kerja, bisa juga surat referensi, dan bisa juga berupa surat rekomendasi dari perusahaan. Yang intinya di dalam isi surat tersebut menerangkan bahwa kita sudah berhenti bekerja pada perusahaan. Surat tersebut diterbitkan perusahaan saat kita resign. Dan jika tanpa melampirkan Paklaring atau surat keterangan dari perusahaan, klaim JHT kita pasti akan diabaikan. Ditolak!

Lalu bagaimana solusinya jika kita sudah terlanjur berhenti kerja tapi tidak memiliki Paklaring?

Jika ingin tabungan JHT milik kita cair, mau tidak mau kita harus kembali mendatangi perusahaan untuk membuat ulang Paklaring. Itu kalau perusahaan masih ada. Kalau perusahaan sudah tutup, kita cukup membuat surat pernyataan di atas materai yang menyatakan bahwa PT sudah benar-benar tutup.

4. Tidak Memiliki Kartu Keluarga

Kartu Keluarga, baik yang asli maupun salinannya merupakan syarat dokumen paling penting untuk bisa mengambil uang JHT. Tanpa KK, sampai kapanpun saldo JHT tak akan pernah bisa cair. Karena data-data yang tercantum di KK akan digunakan untuk validasi data faktual. Mulai dari Nama, Tanggal lahir, NIK hingga nama Ibu kandung. Bahkan saking pentingnya, KK tidak bisa diganti dengan berkas lain dan surat keterangan apapun.

Tidak ada cara lain untuk bisa klaim JHT jika tidak punya KK. Satu-satunya solusi hanyalah: silahkan membuat Kartu Keluarga dulu.

5. Kartu Kepesertaan Masih Aktif

Kriteria lainnya agar bisa mencairkan 100% saldo JHT adalah status kepesertaan sudah non aktif. Seharusnya, saat kita sudah resign kerja dan iuran bulanan ke bpjs ketenagakerjaan sudah berhenti, status kepesertaan Jamsostek kita sudah non aktif.

Tapi ada beberapa kasus kartu peserta BPJS TK masih dinyatakan aktif, padahal si pemilik kartu sudah resmi berhenti kerja. Ujung-ujungnya pencairan saldo JHT-nya ditangguhkan sampai kartu benar-benar dinon-aktifkan.

Cara mengatasi kartu keanggotaan BPJS TK yang masih aktif padahal kita sudah resign adalah dengan mendatangi perusahaan tempat kita bekerja dulu. Kemudian meminta HRD perusahaan agar melaporkan kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan bahwa kita sudah tidak bekerja, dan meminta menonaktifkan status kepesertaan kita.
Baca Juga: Cara Mudah Cek Status Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Masih Aktif Atau Tidak Lewat SMS
6. Tidak Memiliki Buku Tabungan Pribadi

Sejak perubahan peraturan Jamsostek per tanggal 1 September 2015 lalu, peserta BPJS Ketenagakerjaan yang akan mengurus pencairan dana JHT wajib membawa buku rekening tabungan bank, asli dan fotokopinya. Dan buku rekening bank tersebut harus atas nama peserta yang bersangkutan. Tidak boleh buku tabungan orang lain siapapun itu. Sebab uang Jaminan Hari Tua tersebut nantinya akan dikirimkan ke rekening tabungan yang dilampirkan.

Jadi kalau belum punya rekening bank, silahkan membuatnya terlebih dahulu. Banknya bebas boleh bank apa saja. Mau bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, Bukopin dan sebagainya.

7. Tidak Menyertakan Akte dari PHI

Khusus bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang berhenti kerja karena di-PHK atau dipecat per 1 September 2015, saat akan mengajukan permohonan pencairan JHT wajib melampirkan akte perjanjian bersama yang di keluarkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI). Akte ini semacam dokumen kesepakatan bersama antara pekerja, perusahaan dan pihak bpjs ketenagakerjaan, yang berguna untuk mengantisipasi seandainya ada tuntutan-tuntutan di kemudian hari.

PHI sendiri, dalam pengertian sederhana adalah badan yang menangani perselisihan di dunia kerja, misalnya antara karyawan dengan perusahaan. Dan akte perjanjian bersama yang di keluarkan PHI tersebut akan kita terima saat kita dipecat oleh perusahaan.

Jadi untuk karyawan PHK, jika tanpa surat perjanjian dari PHI maka pencairan JHT tidak akan disetujui. Dan jika Anda belum punya, solusinya silahkan meminta kepada perusahaan agar dibuatkan akte tersebut.

8. Tidak Melampirkan PKWT yang Pertama Diterima

PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) yang pertama kali diterima, merupakan berkas persyaratan tambahan khusus bagi karyawan kontrak. Bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah berhenti bekerja karena masa kontraknya habis, harus membawa berkas tersebut ketika mencairkan saldo JHT. Tanpa itu, dana JHT tidak bisa diambil.

Maka pastikan, setelah kontrak kerja Anda selesai, Anda sudah memegang PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) yang pertama kali diterima.

9. Ketidaksesuaian Data Diri

Untuk menghindari uang JHT diterima oleh orang yang tidak tepat, pihak BPJS Ketenagakerjaan memang sangat ketat dan teliti dalam mencocokkan data-data peserta dari semua berkas yang dilampirkan. Jika ditemukan perbedaan data antara dokumen yang satu dengan dokumen yang lainnya, maka proses klaim dana JHT akan ditangguhkan sampai peserta yang bersangkutan melakukan perbaikan data. Misalnya nama di KTP berbeda dengan nama di kartu peserta BPJS TK. Tanggal lahir di KK tidak sama dengan tanggal lahir di Paklaring.

Solusi untuk kasus semacam ini adalah dengan membuat surat keterangan koreksi beda data, baik di kelurahan atau di perusahaan Anda bekerja dulu. Tergantung berkas mana yang terdapat kesalahan datanya.

10. Masa Tunggu Belum Mencukupi

Pencairan semua (100%) tabungan Jaminan Hari Tua baru bisa dilakukan setelah satu bulan kita tidak bekerja. Kurang dari itu, bahkan andai cuma kurang sehari saja, uang JHT tidak mungkin bisa cair.

Jalan keluar satu-satunya untuk masalah ini, tidak ada cara lain selain menanti satu bulan kemudian, terhitung dari tanggal kita berhenti kerja yang tertera di Paklaring atau surat keterangan dari perusahaan. Misalnya di Paklaring tertulis kita berhenti bekerja pada 19 Agustus 2018, maka klaim dana JHT baru bisa dilakukan minimal pada tanggal 20 September 2018.
11. Sudah Terdaftar Lagi Menjadi Peserta BPJS TK

Klaim JHT sebesar 100% hanya bisa dilakukan oleh peserta-peserta yang sedang menganggur, atau sudah tidak bekerja lagi pada tempat-tempat kerja yang mendaftarkan pekerjanya pada program BPJS Ketenagakerjaan. Kalau sebelumnya Anda sudah berhenti kerja, tapi belum sempat mencairkan uang JHT Anda sudah terlanjur bekerja lagi di perusahaan baru, maka mohon maaf saldo JHT dari perusahaan lama belum bisa dicairkan.

Solusinya ya tunggu saja sampai nanti Anda resign kerja lagi dari perusahaan yang baru tersebut. Saran kami sebaiknya saldo JHT dari PT yang lama dengan saldo JHT di tempat kerja yang baru digabungkan saja. Supaya suatu saat nanti ketika hendak mengklaimnya, sudah tidak ribet lagi akibat saldonya terpisah-pisah di dalam beberapa kartu.

Dan jangan coba-coba menipu kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan mengatakan sedang tidak bekerja, jika sebenarnya kita sudah bekerja lagi. Itu hanya sia-sia dan bisa mempermalukan diri sendiri. Karena status kepesertaan kita pasti akan terdeteksi dengan mudah.

12. Scan Berkas Tidak Terbaca

Ini hanya bagi yang mengurus pencairan duit Jaminan Hari Tua secara online melalui layanan e-Klaim JHT. Jika ukuran scan berkas terlalu kecil, atau kualitasnya tidak bagus, buram, sulit terbaca, sehingga sulit direkam oleh sistem bpjs tk, maka pengajuan klaim JHT pasti ditolak.

Solusinya silakan scan lagi berkas-berkasnya dengan ukuran minimal 100KB dan maksimal 1,8MB. Lebih baik jika memakai format PDF. Atau jika memakai format JPEG, gunakanlah kamera dan pencahayaan yang bagus saat memotret berkas. Setelah itu coba dikirim ulang.

13. Tidak Memiliki NPWP

Spesial buat peserta bpjs tk non aktif yang jumlah saldo jht-nya sudah di atas Rp 50.000.000, saat akan mencairkan saldo tersebut wajib memiliki kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Karena untuk saldo yang lebih dari 50 juta akan dipotong pajak sebesar 5%.

Jika tidak punya NPWP dipastikan klaim JHT tidak akan disetujui. Oleh sebab itu solusinya silahkan ke kantor pajak untuk membuat NPWP.

Demikianlah beberapa kendala yang menyebabkan pencairan uang jaminan hari tua (JHT) ditolak oleh kantor BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek. Jangan lupa dibagikan via Facebook, Google Plus, ataupun Twitter, agar teman-teman lain juga mengetahui informasi ini.

160 Responses to "13 Penyebab Pencairan JHT BPJS TK Ditolak dan Cara Mengatasinya"

  1. Saya pun sedang pantau pengajuan kalim dana bpjs. By info 7 hari kerja maksimal sudah bisa di cairkan. Max hari jum"at tgl 04/08/2018 di kantor bpjs jl suci bandung. Semoga tdk ada kendala

    BalasHapus
  2. Saya mau mencairkan bpjs tk, sudah berhenti 2 bulan yg lalu karena sedang hamil, dan syarat untuk mencairkan bpjs tk harus dengan kk, tetapi kk saya sedang diurus karna ingin membuat kk baru dengan suami. Lalu saya harus menunggu kk baru sudah jadi, atau memakai surat pindah juga bisa?

    BalasHapus
  3. Klo referensi hilang pakai surat kehilangan kepolisian bisa gag ya buat pencairan?
    Karena minta keperusahaan dipersulit,HRDnya ganti dan katanya data saya hilang?����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Tidak bisa mas, sebenarnya perusahaan bisa mengeluarkan paklaring walaupun berbeda hrd, kemungkinan pihak perusahaan tidak berani membuat yg baru karena data mas nya hilang, mereka tidak bisa membuat baru karena data mas nya kapan mulai kerja disana dan kapan resign atau habis kontrak. Ada satu cara agar saldo bisa dikalim dimasa mendatang yaitu silahkan hubungi pihak hrd perusahaan baru anda bekerja suruh saldo anda di akumulasikan dari perushaan lama ke tempat anda sekarang bekerja. Nantinya saldo anda akan disatukan.

      Hapus
  4. Klo referensi hilang pakai surat kehilangan kepolisian bisa gag ya buat pencairan?
    Karena minta keperusahaan dipersulit,HRDnya ganti dan katanya data saya hilang?����

    BalasHapus
  5. Kalau mau mencairkan bpjs tk di kendal, pake rekening bank apa?mandiri bisa?

    BalasHapus
  6. Klo mau cairin bpjs tk, tapi d paklaring ada kesalahan 1huruf d nama kira2 dstu revisi dlu apa enga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ane jg sma nh kasus nya, bs ngga ya kira-kira?

      Hapus
    2. sama sya jg di paklaring salah tahun,

      Hapus
    3. Surat keteranga/ pengalaman kerja saya beda tagl masuknya sama tangal di kartu bps, apakah bisa di cairkan.

      Hapus
    4. saya TDK bisa daptar online, keteranag no rekening TDK sesuai.apa solusinya

      Hapus
  7. Apa harus ada kk yang asli ya??
    Saya hanya copiannya saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh tidak pakai KK fotocopy??,dan baru bkrja dprushaan baru skitar 1 bln? bs g?

      Hapus
  8. Kalo mencairkan bpjs ketenagakerjaan di beda wilayah atau beda provinsi bisa apa nga.tolong info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas kalo buku rekening nya dr awal BANK BCA trus kita mau ganti ke BANK LAIN bisa ga ya mas??
      Soal nya dr prusahaan BANK BCA .

      Hapus
    2. Mau tny dong klo no nik diktp dan dikrtu peserta tdk sama bagaimana ya..sy bngung ..

      Hapus
  9. Dulu. Saya daftar BPJS di perusahaan tidak memakai data sudah menikah , padahal dulu saya masuk kerja keadaan sudah menikah
    , Lalu skrg saya ingin mencairkan BPJS dengan data sudah menikah apakah bisa?? Tolong yg mengerti infonya

    BalasHapus
  10. Apakah ada kebijakan jika ingin mencairkan jht jika berkas kita kurang lengkap hanya karna kartu keluarga bukan asli tetapi hanya fotocopy dan berkas lain lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah mas kemarin bisa ? Karna saya juga hanya punya fotokopian'a saja karena KK yang asli tidak ada

      Hapus
  11. mau bertanya saya sdh berhenti bekerja mulai tgl 1-10-2018 dan sy sdh 2kali eklaim bpjs via online tapi tidak dapat balasan nya dan sy dapat info klau pencairan via bank btn juga bisa setelah ke bank btn dan di cek saldo bpjs tidak ada sedangkan saya cek via akun bpjstk saldo saya ada mohon bantuannya terima kasih.

    BalasHapus
  12. Saya habis kontrak tanggal 1 november 2018 dan pembayaran bpjstk terkahir di lakukan oleh perusahaan tanggal 7 november 2018,kira-kira kapan nonaktif nya yaa?? Soalnya sampai sekarang masih aktif kartu nya dan saya coba konfirmasi ke HRD tempat saya bekerja.dia bilang akan nonaktif setelah 2 bulan resign menuurut sistem dan hanya Head office yg bisa menonaktifkan kartu nya...sementara saya sudah menunggu satu bulan lebih sampai hari ini dan mengcancel segala panggilan interview yg masuk hanya untuk mengurus klaim tersebut.apakah ada solusi?? Karna menurut aturan yg berlaku di PP 2015 masa tunggu hanya 1 bulan tetapi pihak perusahaan bilang harus menunggu 2 bulan setelah PKWT berakhir!!! Saya pun sudah melaporkan perihal ini kepada situs lapor.go.id tetapi belum ada respon dari pihak bpjstk

    BalasHapus
  13. Mw tanya gan
    Berapa lama kita bisa k.kantor
    Setelah daftar secara online

    BalasHapus
  14. Apakah tanggal dan bulan berhenti dipaklaring harus sama dengan tanggal dan bulan non aktif kartu BPJS ?

    BalasHapus
  15. Saya mau mencairkan jht namun tnggl masuk saya di surat riseng kliru tahunya gimna ya pak?

    BalasHapus
  16. Pihak bpjs gk ada yg mw bls status karyawan...bls dlu karyawan bpjs...km mhn penjelasanya...

    BalasHapus
  17. Kalau belum punya no rekening gimana mencairkan nya

    BalasHapus
  18. Kalo Kartu keluarga hilang trus make foto copy kartu keluarga bisa ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbaknya kemarin bisa nggak ? Karna saya hanya ada copy KK saja,KK asli tidak ada

      Hapus
    2. Mba gmna bisa ga cairin bpjs dengan foto copy KK saja,karna saya juga sama KK asli tidak ada

      Hapus
  19. Maaf gan kalau bulan berhenti ti paklaring berbeda dengan berhentinya jamsotek gimana gan
    Apa bisa cair atau jd kendala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana mas/mba sudah bisa cair atau belum ?? Karena kendala sama

      Hapus
  20. Saya mau mencairkan jamsostek tetapi kk saya sudah pisah.namun alamat saya tidak berubah.bermasalah atau tidak

    BalasHapus
  21. Nama saya lebih satu huruf di oaklaring bisa ga ya

    BalasHapus
  22. Untuk berkas2 sudah siap semua yg jd kendala kk asli ada disurabaya sdngkan sya sekarang domisili dimalang,tp copy dan berkas2 lainnya asli dan copy siap semua kecuali kk asli,apakah msh bisa diproses pencairan bpjs tk sya mengingat akan saya urus dimalang dekat domisili tinggal sya..mohon jawabannya

    BalasHapus
  23. Pak saya mau tanya, kan saya sudah mengajukan e-klaim lewat online tapi melebihi batas waktu, saya coba lagi e-klaim ko ga bisa karena udah di proses itu gimana ?

    BalasHapus
  24. Saya sudah mengajukan klaim jht tgl 01-02-2019 kmaren bersama temen " saya.. tgl 4 & 6 februari sudah cair semua temen" saya
    Kok yg punya saya g cair sendiri tu kenapa

    BalasHapus
  25. Saya mau tanya.apakah bisa kalo pencairan bpjs tk.memakai kartu atm sodara.minta dibantu

    BalasHapus
  26. Tanpa kk asli, bisakah mencairkan dana bpjs

    BalasHapus
  27. Tanpa kk asli, bisakah mencairkan dana bpjs

    BalasHapus
  28. Klo saya 18 feb proses pencairan semua berkas diteri,a status non aktif eh tiba tiba tgl 20 feb sy dpt kerja status jd aktif lagi bpjsnya itu gmn ya?

    BalasHapus
  29. Saya mau nanya kira2 di persulit gak y klo nanti mau nyairin E-ktp saya berbeda tgl sma bulan y ckrg masih aktif mohon solusi y??... mkasih

    BalasHapus
  30. Saya sudah pernah klaim tapi ditolak karna buku rekening bukan atas nama pribadi, skarang saya coba klaim lagi mlh ga bisa karna udh pernah nyoba klaim katanya, apa klaim lewat online hnya diperbolehkan 1 kali saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana. apakah sdh bisa ? karena saya juga mengalami hal yg sama , di tolak di karenakan alasan parklaring tidak ada tanggal masuk dan berhenti, dan ketika saya coba ulang katanya sdh pernah nyoba klaim...mohon share infonya ya..trims

      Hapus
  31. Nomer nik diktp dN dikrtu peserta saya berbeda ..bgmna y cranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudaah. bisa dicairkan gimana solusinya? saya juga sama

      Hapus
  32. sya mw nanya
    boleh tidak pakai KK fotocopy??,dan baru bkrja dprushaan baru skitar 1 bln? bs cair g?

    BalasHapus
  33. Nama saya di paklaring saya lebih satu huruf tetep bisa apa gak ya?

    BalasHapus
  34. Saya sudah mengajukan klaim bpjs secara online munggunakan rekening saudara karna rekening pribadi sudah tidak aktif.. Diatas dikatakan jikalau bukan buku tabungan pribadi maka akan ditolak dan harus membuat rekening pribadi tetapi setelah saya klaim saya dapat panggilan buat verifikasi berkas.. Jadi apakah bisa atau tidak menggunakan buku tabungan atau rekening saudara atau orang lain ??
    Terimakasih

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum, saya mau tanya, kemarin saya sudah klaim tapi ditolak, ternyara di emailnya dikasih hnya 3 hari kerja setelah email masuk, biasanya 7 hari kan. Nah saya dateng dihari keempat dan ditolak,katanya sruh ambil antrian online. Tapi antrian onlinenya penuh terus. Bagaimana tipsnya kira kira...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah coba masukin di cabang lain?

      Hapus
    2. Kalo NPWP belum ada bisa gak. Soalny belum bikin . Brrkas saya tingal NPWP yg belum ada ?

      Hapus
  36. Mau tanya dong klo abis mengajukan eklaim terus dapat balasan kaya gini gimana yaa solusi nya Belum memenuhi persyaratan, karena MOHON MAAF UNTUK ANTRIAN E KLAIM SUDAH FULL SAMPAI DENGAN 31 AGUSTUS 2019, SILAHKAN PENGAJUAN MELALUI BANK KERJA SAMA ATAU ANTRIAN ONLINE DI https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/ TERIMAKASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. lewat bank kerjasama aja bisa juga koq. ga antri. berkas yg diminta sama sperti di bpjs.

      Hapus
    2. Di bank wajib bawa photo gak mba,,, soalnya saya d minta photo,,

      Hapus
  37. Saya mau mengklaim mencairkan saldo bpjstk saya tapi nik di e ktp sama di kartu bpjstk nya beda bagaimana yah solusi nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba minta surat ke kantor yg lama untuk informasi perubahan data nama yg salah, kalau sdh dpt suratnya, antar ke kantor bpjs untuk pengajuan perubahan/kesalahan datanya

      Hapus
    2. Maksud minta surat dikantor yang lama apa yah mbak? Di prusahaan nya apa dikecamatan/ducapil soalnya permasalahan nya sama di NIK dan untuk pengajuan ke bpjs apa harus ngambil no antrian dulu? Mohon bls an nya mbak...

      Hapus
    3. Sm mslh ny dgn sy wKtu daftr krja/bpjs pk nik lama (ktp nembak,, soal ny sy dr daerah) stlh d telusurin k klurhan nya ktp sy tdk trdaftr. Bikin kk br srndiri dan nik ktp yg bru... Itu nnti bermasalh gk y kk

      Hapus
  38. saya semuahnya lengkap , tapi kk yg asli di gadai kan . itu bgaimana ya solisinya . untuk mncairkan bpjs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kk itu ada copy nya, ditanya saja minta copynya tersebut ke RT/RW/kelurahan, pinjam saja buat proses pengajuan claim, dengan catatan dikembalikan lagi, good luck

      Hapus
    2. Ka tanpa kk asli apa bisa dicairin bpjsnya?

      Hapus
  39. Tadi habis dari bpjs, pernah kerja di 2 pt, pt yg pertama belum di cairkan, terus kerja lagi di pt, rencana mau di gabunging buat di cairkan, eh taunya yg pt pertama salah input tanggal lahir, udah ke pt tersebut mau minta keterangan salah input, pt nya g bisa ngasih, tadi pt nya udah di telpon juga dari bpjs, katanya pekerja udah tidak kerja lagi di pt tersebut, dan bukan urusan pt lagi. dan alhasil hanya bisa mencairkan dari pt yang ke 2, mohon solusi nya, terima kasih..

    BalasHapus
  40. Kalo rek bank yg buat pencairan tidak aktif gimana ya solusinya...masalahnya kemarin pas pencairan gak tau kalo udah gak aktif.trus bisa lapor di bpjs untuk di ganti yg aktif bisa gak ya

    BalasHapus
  41. Saya sudah berhenti bekerja 1 bulan yang lalu dan saya ingin mencairkan bpjs ketenagakerjaan saya, tapi saya baru join 2hari di perusahaan yang baru, apakah bpjs saya itu langsung otomatis tersambung atau tidak? Saya ingin mencairkannya takutnya di tolak, terhitung berapa hari bpjs itu dikatakan sudah terdaftar ?

    BalasHapus
  42. Saya daftar e klaim hari sabtu kemarin, sampe sekarang belum dapat email apapun dari bpjs, ini bagaimana ya kak?

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Apakah bisa di urus untuk pencairan dana BPJS jika berhenti kerjanya sudah berbulan-bulan. Saya dulu keluar surat berhenti nya bulan Januari dan pengurus pencairan nya maunya bulan ini..?
    Kemudian bisa ngk misalnya Kartu keluarga sudah beda alamat karena barusan pindah jiwa, sedangkan KTP masih alamat yang lama karena masih belum sempat di urus..???

    BalasHapus
  45. Apa bisa kalau mencairkan bpjs, tapi paklaring nya agak rusak karena kehujanan tapi masih bisa terbaca ko

    BalasHapus
  46. Mau claim bjstk tapi ga ada KK asli bisa ga cuma ada foto copy nya aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga penasaran sama hal ini

      Hapus
    2. Mau tanya dong kalau ..data ktp beda sblm elektrik sm sesudah elektrik gmn ya...dlu pas awal daftar sblm elrktrik salah ..pas udh elektrik ..sama semua data dg kk.dlh di tgl lahir doang si

      Hapus
  47. Saya berkerja di 2 perusahaan 1 kartu jamsostek. Masalahnya di perusahaan pertama paklaring saya hilang dan data saya pun sudah tidak ada hanya ada pklaring di perusahaan ke dua apakah bisa di klaim hanya menggunakan satu pklaring

    BalasHapus
  48. Mohon solusinya, kartu Jamsostek saya hilang, perusahaan yg lama sudah tutup, sedangkan alamat perusahaan selain TUTUP juga jauh / beda provinsi n pulau, dg domisili yg sekarang,
    #Catatan kelengkapan dokumen saya , punya surat keterangan kerja, apakah bisa n bagai mana cara nya proses pencairan nya , trims

    BalasHapus
  49. Maaf mau tanya, kalo nyairin bpjs tanpa kartu asli bisa ga ya,, soalnya dari perusahaan ga di kasih kartu aslinya, baru di kasih selebaran kertas yg ada no bpjs nya, itu kira" bisa buat nyairin ga ya,, terimakasih..

    BalasHapus
  50. Saya mau tanya gan apakah masih bisa d cairkan bpjs? Kalau saya sudah di terima kerja, dan saya tdk ikut bekerja.

    BalasHapus
  51. Saya mw cairkan tapi alamat kk dan ktp beda soalnya belum bikin ktp baru lagi apakah bisa enggak

    BalasHapus
  52. Kalo waktu pencairan kita salah satu angka dari buku tabungan nanti itu jadi masalah apa ngga ya min? Mohon penjelasannya, terimaterim

    BalasHapus
  53. Saya mau tanya, saya mau mencairkan bpjs saya, tetapi kk dan ktp saya sudah berubah karena sudah menikah, apakah saya bisa mencairkan nya dengan kk dan ktp yg saat ini apa yg terdaftar di awal ? Terima kasih

    BalasHapus
  54. Kalau mau klaim JHT , Apakah harus menggunakan rekening pribadi atau bisa menggunakan rekening keluarga ? Mohon bantuan ny

    BalasHapus
  55. Mohon info nya.. Saya sudah berhenti dari perusahaan tempat saya bekerja tetapi saya belum bisa proses antrian secara online disebutkan masih dalam proses menunggu padahal saya sudah satu bulan lebih berhenti dan status bpjs saya sudah non aktif mohon pencerahan nya.. ��

    BalasHapus
  56. Saya punya 2 kartu yg satu non aktif dan yang 1 lagi aktif karna sudah bekerja lagi di perusahaan lain, dan saya sudah melakukan e klaim dan d aac untuk datang tanggal sekian, namun setelah saya searching ternyata untuk yg memiliki 2 kartu yg akif dan tidak aktif, tidak bisa jadi apakah bisa d acc atau tidak

    BalasHapus
  57. Kalo tanggal lahir beda dengan KTP gimana ya gan.mohon infonya

    BalasHapus
  58. Klo mau cairin 10%tanpa buku tabungan asli tapi hanya photo copy saja bisa ga ?
    Dan kartu BPJS saya kan hilang THN 2015 tp saya udh buat srt kehilangan nya dthn tsb apakah msh bisa digunakan

    BalasHapus
  59. Minta solusinya dong ,mau mencairkan bpjs ketenagakerjaan,gara gara di paklaring ,sama kartu bpjs nya beda bulan dan tanggal ?
    Solusinya gimana ya ?
    Terus kalo tanpa buku rekening bisa ga ya ?

    BalasHapus
  60. Kak minta solusinya dong kalo buku tabungannya ngga ada gimana . soalnya dulu wktu pembagian kartu atm ngga ada bukunya . tapi di kasih no rek nya aja .

    BalasHapus
  61. Tdi saya ke bpjs mau cairin. Sampe sana ko beda data diri. Apa ad kesalahan pas pertama bikin apa salah data ajj...

    BalasHapus
  62. Beleh tanya apa bisa pencairan bpjs memakai copy KK nya soal nya KK asli ny ilang ada cuman foto doang

    BalasHapus
  63. cairin jht ga pkenpwp bsa ga ? saldo dbwah 5 sih bisa ga ya ?? atau atau pengganti syarat lain nya

    BalasHapus
  64. Pencairan BPJS ternyata bisa ya pake bank BCA ? Soalnya rekening saya BCA. Katanya ga bisa kalo bank swasta. Harusnya BNI, dan sejenisnya..
    Jd kalo mau cairin BPJS harus bikin rekening dan buku tabungan baru bank BNI atau sejenisnya..
    Gimana itu mas?

    BalasHapus
  65. Ass,,,Untuk mencairkan bpjstk tanpa NPWP bisa cair gak ya mohon info nya terima kasih

    BalasHapus
  66. Bagai mana jika posisinya sudah bercerai dan kartu KK sudah du ganti oleh satu pihak karena sudah tidak punya ikatan suami istri... mohon penjelasannya agar bisa di urus...

    BalasHapus
  67. Saya mau mencairkan BPJS tapi kok asli tidak ada,hanya ada copy nya saja apakah bisa

    BalasHapus
  68. Mau tanya dong , kalau sudah berenti di perusahaan lama terus pindah perusahaan .jika saya mau klaim suatu saat , apa perlu urus paklaring di perusahaan yang lama ?

    BalasHapus
  69. Saya mau mencairkan bpjs saldonya di bawah 10jt tapi gaada npwp itu bisa ga yaa?

    BalasHapus
  70. Kalo pakai foto copy kk bisa diurus gak. Karena posisi di kaltim, dan kk asli di jatim. Mau kirim sdh gak keburu

    BalasHapus
  71. Gk bisa buat rekening
    Bisa gk klaim dengan cas

    BalasHapus
  72. Mohon maaf mau tanya kalo pencairan dana BPJS tnpa di transfer apakah bisa... pencairan langsung ditempat

    BalasHapus
  73. BPJS RIBET KEBANYAKAN SYARAT!!!!!!!
    MAU MINTA DUIT SENDIRI KAYAK MAU MALING!!!!!!!
    KALO BISA MILIH G' MUNGKIN SAYA IKUT BPJS,SEANDANYA BPJS ITU PERUSAHAAN SWASTA PASTI UDA BANGKRUT DARI DULU KARENA ORANG G' BAKAL ADA YANG MAU JADI PESERTA.
    ORANG DI PHK BUKANNYA DIBANTU BIAR CEPET,MALAH DI PERSULIT!!!
    SAYA YAKIN PASTI DI HAPUS INI COMENT SAMA TS.
    TS PEGAWAI BPJS????
    BACA SEMUA ASPIRASI DARI RAKYAT!!! SAMPAIKAN KE ATASAN,JANGAN CUMA BILANG TIDAK BISA,TIDAK BISA,
    G BERGUNA!!!

    BalasHapus
  74. Saya mau tanya untuk KTP asli saya hilang karena lagi PSBB Kaya gini susah untuk foto suket , foto suket pun karena di perpanjang terus karena psbb awal 15 april sekarang di perpanjang lagi sampai 12 mei, bisa gak kalo gak pake ktp asli saya cuman ada fc ktp ,

    BalasHapus
  75. Itu gimana ceritanya pake pkwt?? Sejak kapan?? Pkwt saya hilang, bagaimana solusinya?? Dr dulu ngga ada pake pkwt knp sekarang pakai?? Dan buat apa?? Bukankah paklaring udh cukup??

    BalasHapus
  76. Pkwt di email tidak di minta kok saya

    BalasHapus
  77. Bagaimana yah kalau memcairkan bpjs gara2 resign kerja 2 bulan, tdk dapet paklaring dan perusahaannya tuh masih ada, gimna solusinya supaya bisa mncairkan bpjs di perusahaan selanjutnya. Soalnya katanya kalau resign gadapet paklaring diperusahaan selanjutnya pun gak bisa dicairkan.
    Please pencerahannya

    BalasHapus
  78. Kak mau tanya nih, saya kan tinggal proses pengklaiman atau mengirim ulang data, nah saya ada salah harusnya mengirim bpjs ketenagakerjaan ini mlah ngirim bpjs pensiun, dan sya mengulang lagi semuanyaa namun smpe skrg blum ada info lagi😥

    BalasHapus
  79. Saya tidak cair2 uangnya padhl udh meeeebih batas waktu yg di tentukan oleh mereka selama 5 hri kerja, malah sekrng 11 hari kerja blm juga cair?
    Mohon solusi

    BalasHapus
  80. Saya sudah kirim berkas2 tpi knp blm ad respon dri pihak bpjs ya

    BalasHapus
  81. Kalau peserta bpjs meninggal.. apa saudara atau orang tua bisa mendapatkan santunan? Marena peserta yg meninggal blm menikah

    BalasHapus
  82. Mau tanya ka...kk saya kan blm jadi karna ada ny psbb...sedangkan saya sudah pindah berkas dr alamat saya yg lama...masih bisa pake kk lama atw ga yaa ka untuk kelengkapan pengambilan bpjs tk???

    BalasHapus
  83. Bisa tidak ya klo di paklaring sama alamat di ktp itu beda 1 huruf kaya yg harusnya Kavling tp jadi Kapling ? Tolong pencerannya. Thx

    BalasHapus
  84. berhenti kerja sudah 1 bulan,kepesertaan sudah non aktif,tp paklaring baru diminta keperusahaan.apakah bisa dana jamsostek lansung sicairkan?

    BalasHapus
  85. Saya dari daerah mau mencairkan bpjs tp kk asli saya tinggal di rumah,.apakah bs dicairkan tanpa kk atau bs di foto kknya

    BalasHapus
  86. Kalau saldo nya dibawah 50 juta tapi melampirkan npwp gimana

    BalasHapus
  87. Siang kak
    Kak saya mau mengklaim bpjs tapi KK saya lagi ada perbaikan di dnas kependudukan .. Itu bagaimna yahh kak .. Apakah tetap bisa di klaim?

    BalasHapus
  88. punya saya udah bener semua persyaratannya, udah nunggu 9 harian antri online tapi pas hari H malah ditolak pengajuannya. padahal berkas sesuai, itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga sama ditolak, ternyata karena saya jadi pengurus RT. Lah jadi pengurus RT kan honornya ga sampe umr.

      Hapus
  89. Bisa ngga cairin bpjs tanpa npwp? Saldo dibawah 10jt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah, kemaren bisa upload berkas tanpa npwp, nah pas hari H untuk interview malah di tolak. trus aku upload ulang malah harus pake npwp. jadi buat bingung bpjs ini

      Hapus
  90. Bagaimana kalo paklaring hilang hanya ada fotocopy nya saja

    BalasHapus
  91. Saya sudah seminggu setelah menyerahkan berkas tapi malh ditolak setiap saya tanya selalu jawab sedang proses

    BalasHapus
  92. Jika tidak ada kk kk asli hanya ada fotocopy bisa gak ya ?

    BalasHapus
  93. Sabtu,18 Juli 2020.
    Permisi selamat malam.saya mau tanya
    1.knp antrian area Jkt penuh terus
    2.buku rekening BCA tidak ada dari awal bikin tabungan
    3.jikalau langsung datang kekantor BPJS bisa/ boleh tidak
    4.selain datang kekantor BPJS/online apaka ada tempat refrensi untuk pencairan BPJS
    5.saya bertanya apakah ada yg menjawab / memberi solusi
    6.saya sudah selesai bertanya sekian dan terimakasih, sangat dinantikan untuk jawaban/solusinya

    BalasHapus
  94. Mohon infonya, kalau ada 2 surat vaklaring dari perusahaan yg sama krn 2x kontrak, maka yg harus di lampirkan vaklaring nya yg mana ya?? Vaklaring dari kontrak kerja yg pertama atau yg terakhir yg harus di lampirkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plaklarin Dua duanya di scan di jadikan 1 file pdf begitu juga kartu bpjs ny kalo punya dua di jadikan 1 file untuk pencairan yg sekarang

      Hapus
  95. Assalamualaikum. Mas mau nanya. Kan KK saya udah berkeluarga tapi di KTP saya belum kawin. Apa memenuhi mas persyaratan bpjsnya???

    BalasHapus
  96. assalamualaikum,, mohon bantuan dan info2nya dong ,,,saya udah mengajukan claim tapi di tolak alasannya sih karena di parklaring tidak ada tgl masuk dan keluar perusahaan, padahal teman saya juga sama tapi di approve, kira2 berapa lama ya bisa input claim ulang ? karena saya coba gak bisa katanya udah pernah nyoba input,,,,saya tanya ke bpjs info sistem perbaikan...deuhhhh...

    BalasHapus
  97. Sy coba sudah mendaftarkan tapi terkendala dengan no rekening, di pendaftaran online kluar perintah no rekening yg anda masukan salah, padahal no rekening itu yg sy pakai kesehariannya,, tolong infonya guys terimakasih

    BalasHapus
  98. Kalo NPWP nya belum dikirim dri kantor pajak gimna? Bisa pakai yg online dulu?

    BalasHapus
  99. Apa pencairan harus perlu Kk asli

    BalasHapus
  100. Maaf mau nanya kalau nama peserta pakai nama dan data orang lain gimana cara cair kan Bpjs nya, soal nya waktu ngelamar kerja dulu pinjam ijasah orang lain

    BalasHapus
  101. Saya sudah di vc/wawancara online tapi di tracking claim masih tahap ke2 kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada npwp kakak?
      punya saya kan pas hari H utk interview malah ditolak. alasan nya tidak dibuat kenapa ditolak.

      Hapus
  102. Kak infonya yaa bisa gak mencairkan jamsotek tp pke kartu digital gak ada kartu fisik nya karena dri perusahaanya sendiri juga gak ngasih ngasih kartu fisik... Makasih ya infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sekarang bisa cetak print kartu asal no bpjs ny ingat pake aplikasi bpjsku ntar tinggal print aja bisa kok yg terbaru kartu ada kode QR nya

      Hapus
  103. saya mau klaim jht tapi saat saya klaim no rekening saya salah, padahal no rekening saya sudah benar, mohon solusinya... makasih ya

    BalasHapus
  104. Saya klaim jht, tpi ditolak. Padahal smua dokumen lengkap. Tp saya baru pisah kk. Alamat di kk dan di ktp beda, apakah itu masalahnya? Kalo di surat paklaring alamat ikut ktp. Gimana solusinya?

    BalasHapus
  105. Slmat pagi..kk maw tnya,,awalnya mmg keslhan saya karna memasukkan no rekening yg tdk sm dgan nm d kartu bpjs ketenagakerjaan saya,tetapi stlah itu sya membuat rekening yang atas nama saya dan memberikan kpd ptgas d kantor bpjs ketenagakerjaan,tetapi mereka mgatakan bahwa uangnya sdh hangus,sdgkn sya baca d google bwa klu nma kartu tdk sesuai dgan nm rekening bsa di lakukan perubahan dgan cara memasukkan no rekening yg sesuai dgn krtu bpjs ketenagakerjaan..mhon infonya kak,trima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syarat untuk pencairan bpjs adalah menggunakan nomor rekening pribadi, karena tidak mungkin uang hangus dikarenakan berbeda nama nomor rekening,Thanks.

      Hapus
  106. ribetnya ya alloh uang sendiri aj kok rbet tnggu wawancara onlen sampe sekarang belom ada kejelasan padahal udah lewat lama dan di tracking masih pemeriksaan berkasss....inikah sistem online ya ampunnnnn ......

    BalasHapus
  107. Assalamu'alaikum, mau nanya. Saya awal daftar online lancar dan sampai ada kesalahan di priode paklaring. Dan ketika sudah di revisi dan mau daftar kembali terkendala di informasi rekening tidak sesuai padahal rekening tsb atas nama pribadi saya dan tertera di BPJS ketenagakerjaan jadi sesuai. Namun sudah 3 hari ingin mendaftar selalu gagal, sudah ke cabang terdekat pun tidak ada solusi. 175 tidak ada kepastian di angkat sampai pulsanya habis. Mohon masukannya, apa ada yang terkendala seperti saya?

    BalasHapus
  108. Alamat di ktp dan kk sama, tapi di npwp beda, apa masih bisa klaim?

    BalasHapus
  109. Saya sudah di PHK...dan masih punya hutang di perusahaan...apakah saya bisa mengklaim BPJS tenaga kerjaan...mohon penjelasannya pak...

    BalasHapus
  110. Saya sudah daftar klaim bpjs tetapi masih belum masuk ke rekening saya itu gmna ya

    BalasHapus
  111. MOHON MAAF UNTUK SAAT INI PENGAJUAN KLAIM BELUM LAYAK,KARENA TIDAK MELAMPIRKAN KPJ PERUSAHAAN LAINNYA( YANG DILAMPIRKAN KARTU JAMINAN PENSIUN),TERIMAKASIH...kalo ini maksudnya apa yah?mohon bantuannya dong

    BalasHapus
  112. Jika saya cmn punya atm yang masih aktif dan no rekening aj apakah bisa bpjs ketenagakerjaan di cairkan.smua surat2 sudah siap.kendalanya cmn di buku rekening aj.dan rekening saya cimb niaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. up up.. bagaimana jika buku rekening asli hilang dan hanya ada scanannya?

      Hapus
  113. bagaimana jika kita tidak memiliki rekening karna kita daftar online di pihak bank nya?

    BalasHapus
  114. Mau nanya Saya sudah mendaftarkan online dan diterima tgl 20 ini akan wawancara jadi berkas2 ku Npwp tidak ada apakah diterima itu?

    BalasHapus
  115. apakah pengajuan bpjstk bisa cair apabila sudah dpt email acc dari bpjs,tp perusahaan tidak mau konfirmasi

    BalasHapus
  116. Saya sudah menikah apakah bisa cairkan bpjs pakai KK saya sendiri atau pakai KK ortu saya

    BalasHapus
  117. saya mau tanya apabila alamat dan status di KTP berubah apakah mash bisa mencairkan menggunakan KTP yg baru ???

    kk dan KTP pindah dari jakarta ke kampung apakah ada syarat2 khusus yg harus dipenuhi atau cukup dengan KTP baru atau pakai foto copy KTP yg lama?

    mohon pencerahannya min

    BalasHapus