Cara Mencairkan Uang JHT BPJS TK Tanpa Paklaring Atau Surat Keterangan Dari Perusahaan

Artikel ini membahas tata cara dan syarat mencairkan saldo dana JHT BP Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan jika tanpa Paklaring tahun 2020. Seharusnya, saat kita berhenti bekerja pada suatu  perusahaan, kita berhak dibuatkan Paklaring atau surat pengalaman kerja/surat referensi/surat rekomendasi dari perusahaan. Berkas tersebut amat sangat penting, karena merupakan salah satu dokumen persyaratan untuk mengambil uang JHT. Tanpa Paklaring, saldo JHT Jamsostek akan sulit cair.

Surat Paklaring untuk pencairan JHT Jamsostek

Tapi memang tidak bisa dipungkiri, masih banyak peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, atau yang pada tahun 2020 ini berganti nama menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJAMSOSTEK), yang ketika keluar kerja tidak diberikan Paklaring dengan berbagai penyebab. Ada yang karena kerjanya baru sebentar belum sampai setahun sudah berhenti, sehingga perusahaan menganggap karyawan tersebut tidak layak diberi Paklaring. Ada yang desersi berhenti kerja begitu saja tanpa membuat surat pengunduran diri, sehingga jelas saja perusahaan tidak menerbitkan Paklaring. Ada yang mungkin pernah memiliki Paklaring, tapi kemudian hilang entah kemana. Dan berbagai penyebab lainnya.

Baca Juga: Diskusi Tanya Jawab Lengkap Seputar Pencairan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Sebenarnya berkasnya tidak harus berupa Paklaring atau yang selama ini disebut juga surat pengalaman kerja. Bisa juga sekedar surat rekomendasi atau surat referensi atau surat keterangan dari perusahaan, yang isi suratnya menerangkan bahwa surat tersebut sebagai syarat mengklaim tabungan Jaminan Hari Tua (JHT). Bisa dibilang semacam surat jalan. Yang penting di dalam surat tersebut mencantumkan tanggal kapan anda mulai bekerja, hingga tanggal kapan anda berhenti bekerja. Ini bagi anda yang berhenti bekerja atas kemauan sendiri atau mengundurkan diri (resign).

Sedangkan bagi anda yang berhenti kerjanya karena diberhentikan oleh perusahaan atau di-PHK, berkas persyaratan klaim JHT-nya berupa surat keterangan Pemberhentian Hubungan Kerja dari perusahaan. Beda lagi untuk karyawan kontrak. Bagi pekerja yang berhenti kerja karena sudah selesai masa kontrak kerjanya, surat keterangannya berupa surat Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).

Karena Paklaring atau Surat keterangan dari perusahaan merupakan salah satu syarat wajib, jika tidak punya atau hilang, maka mau tidak mau harus mendatangi perusahaan tempat kita bekerja dulu. Meminta dibuatkan Paklaring atau surat rekomendasi untuk klaim JHT. Kalau lokasi perusahaannya jauh, mungkin kita bisa meminta lewat telepon, kemudian nanti Paklaring yang sudah jadi dikirim lewat pos.

Begitu pentingnya keberadaan paklaring di dalam proses penarikan uang JHT, sehingga seumpama hilang, Paklaring tidak bisa digantikan dengan surat keterangan hilang dari kepolisian. Dan juga sebaiknya jangan mencoba mengelabui pihak BPJS Ketenagakerjaan dengan membuat Paklaring palsu, yang biasanya melalui jasa calo pencairan uang JHT BPJS TK, karena kalau ketahuan kita bisa berurusan dengan hukum dan pengadilan. Jika anda sering mengikuti berita, pasti tahu kejadian beberapa tahun lalu saat polisi menangkap sindikat calo pencairan uang Jamsostek dengan membuat paklaring palsu.

Lalu bagaimana kalau perusahaan sudah tidak ada lagi alias sudah tutup? Bagaimana cara mengurus Paklaringnya?

Jika memang benar perusahaan sudah benar-benar tutup, tidak beroperasi lagi, barulah kita bisa mencairkan saldo JHT walau tanpa Paklaring. Sebagai penggantinya kita wajib membuat surat pernyataan di atas materai yang isinya menyatakan:

1. Kita sebagai tenaga kerja sudah benar-benar berhenti bekerja.
2. Perusahaan sudah benar-benar tutup.
3. Belum mengajukan pencairan JHT.
4. Bila memungkinkan silakan menyertakan fotokopi ID Card/Kartu Karyawan sewaktu kita masih bekerja di perusahaan yang telah tutup tersebut.

Surat pernyataan tersebut dibuat di kantor BPJS Ketenagakerjaan terdaftar.
Baca Juga: Begini Contoh Surat Pernyataan Tidak Memiliki Paklaring Untuk Pencairan Uang JHT BPJamsostek
Sekali lagi harap diperhatikan, cara ini hanya berlaku jika perusahaan sudah benar-benar tutup. Sudah tidak aktif lagi. Jika perusahaan masih beroperasi, sampai saat ini belum ada cara lain selain meminta dibuatkan Paklaring lagi di perusahaan yang bersangkutan.

Dan kalau sudah membuat surat pernyataan di kantor BPJS TK, kita bisa mengambil uang (Jaminan Hari Tua JHT) walau tidak punya Paklaring. Tapi tentu saja dengan melengkapi berkas-berkas persyaratan yang lainnya seperti:

1. Kartu peserta BPJS-TK (Jamsostek) asli.
2. Foto kopi dan asli KK (Kartu Keluarga).
3. Foto kopi rekening tabungan atas nama pribadi, tidak boleh buku tabungan atas nama orang lain meskipun itu keluarga sendiri.
4. KTP elektronik asli beserta salinannya.
5. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika jumlah saldo JHT anda di atas 50 juta.

Seperti itulah prosedur cara mencairkan saldo JHT bagi peserta yang tidak memiliki Paklaring, dengan catatan perusahaan sudah benar-benar tutup. Selama perusahaan masih ada, JHT tidak bisa cair jika tanpa Paklaring.
Baca Juga: Contoh Surat Keterangan Dari Perusahaan Untuk Pencairan JHT Sebagai Pengganti Paklaring
Dan mengingat betapa pentingnya surat keterangan telah berhenti dari perusahaan untuk klaim JHT ini, untuk teman-teman yang sekarang masih bekerja, jika suatu saat nanti ingin berhenti kerja (resign), jangan sampai lupa mengurus surat Paklaring, atau surat pengalaman kerja, atau surat rekomendasi, atau surat referensi. Intinya di dalam surat tersebut menerangkan Anda pernah bekerja di perusahaan tersebut dari tanggal sekian-sekian, dan sudah berhenti bekerja per tanggal sekian-sekian. Daripada nanti Anda kesulitan saat mau mengajukan pencairan JHT.

170 Responses to "Cara Mencairkan Uang JHT BPJS TK Tanpa Paklaring Atau Surat Keterangan Dari Perusahaan"

  1. Bagaimana perusahaan tidak mau mengeluarkan pengalaman kerja ,di karenakan data saya telah hilang , bagaimana untuk mencairkan Jamsostek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta surat keterangan untuk pencairan BPJS. Kantor saya dulu memberi 2 lembar yaitu Paklaring (Surat keterangan kerja) dan surat keterangan untuk pencairan BPJS

      Hapus
  2. Bagaimana jika perusahaan tidak mau atau tidak bisa menerbitkan paklaring dikarenakan data saya hilang..

    BalasHapus
  3. Saya sudah mengajukan plaklaringn ke perusahaan,tapi data saya hilang dan Bagaimana untuk mencairkan BPJSTK..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta surat keterangan untuk pencairan BPJS. Kantor saya dulu memberi 2 lembar yaitu Paklaring (Surat keterangan kerja) dan surat keterangan untuk pencairan BPJS

      Hapus
    2. Saya juga sama sudah saya datangi kantor dari jam 8 pagi sampai jam 12 tak kunjung dikasih ,alasannya tidak ada datanya ,sudah 10 tahun yg lalu , bagaimana solusinya , saya mau ambil uang sendiri sulit , mana kontrakan belum bayar , makan juga seketemunya , yaallah yarob

      Hapus
  4. Nah ini.. BPJS jadi Punya Untung Banyak.. Karna Banyak Orang Yang Kehilangan Kartu BPJS/Tidak Punya Paklaring.. Terus Dana Uang Tiap Bulan Otomatis Terpotong Tanpa Harua Dapat Persetujuan Kita.. Tapi Sekarang Mau Mencair Kan Nya Malah Di Bikin Susah dan Ribet Bulak Balik Kesana Kemari.. Tetep gak D ACC..
    Harusnya Syarat syarat nya Kaga Usah Di Persulit.. Itu Hak Kita..
    Cukup Cantumkan KTP n No BPJS Pasti Sudah Trrcantum n Trrdata Pasti.. Apa Peralatan Di Kantor BPJS Kurang Canggih N Modern Apa Ya??
    PaDa KoRuP SaJa BiSa Nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju , begitu sulit skali untuk pencairan . Dr masalah ini dan itulah . Semuanya ribet di buat mereka

      Hapus
    2. Benar sya setuju, uang sya jg bingung nyairkan nya, kerja 6tahun ndak ada plakarin. Bingung mau nyairkan dgn cara apa

      Hapus
    3. setuju gan.. itu hak kita. tpi dipersulit.. ane juga gak dapet paklaring...rugi nieh ane tiap bulan kpotong tpi dipersulit

      Hapus
    4. anjing bener ini aturanya...kaga masuk akal bangsat...duit sendiri itu,bukan duit orang yang mau kita ambil!!!

      Hapus
    5. Yaps..aku setuju..kita bertahun2 kerja malah mau pencairan di persulit GK tau itu pemerintah seenak jidat nya aja buat peraturan.. tolong lah para atasan jgn persulit yg d bawah..

      Hapus
    6. Setuju. Masih ribet. Urusnya. Padahal itu hak kita .

      Hapus
    7. 6 perusahaan dimana kartu dan paklaringnya hangus terbakar, dimana perusahaab tsb di bawah tahun 2002, petugas bpjstk tudak mau menyebutkan nomer kepesertaan, padahal nik tsb nyambung dari tahun 1997. gilani ambil uang sendiri saja susah

      Hapus
    8. emang benar2 di persulit oleh pegawai bpjs nya,klo nggak ada packlaring,pertanyaan saya buat pegawai2 bpjs,dulu pas kita buat kartu jamsostek buat apa data2 kita dulu,dari nama kita sampe ke nama ibu kandung serta tgl dan tempat lahir,klo menurut saya tinggal di samakan aja data2 nya kenapa di persulit,emg sengaja kali yah biar di makan sama mereka duit kita,

      Hapus
    9. Senasib...!! tapi tetap sabar..semoga ada hikmah kebaikan dari tidak bisa atau belum bisa dapat uang kita yg dititipkan di BPJS tsb, karena "Perusahaan curang" tdk mau menerbitkan praklering dg berbagai alasan, wlo sebenarnya kita yg benar..

      rejeki tidak harus berupa uang,atau rejeki kita akan dilipatgandakan dari sumber lain..

      Aamiin..

      Hapus
    10. Bagi yg susah dapet Paklaring. MUNGKIN, Pihak perusahaan sudah bekerjasama dengan pihak BPJS, sehingga Hak kita susah keluar, dan Hak kita masuk ke Perusahaan tersebut.

      Hapus
    11. maksudnya dana apa yang terpotong?
      kalo udah gak aktif kan gak dipotong, saldo yang ada berkembang dlm bentuk bunga yg diberikan setiap tahun.

      saya juga paklaring hilang, menurut saya syarat yg diberikan pihak BPJSTK tidak berat kalo lengkap.

      gak usah berasumsi pihak BPJS SENGAJA MEMPERSULIT, itu syarat wajar kok. kalo ngambil dana hanya modal KTP doang bisa hilang saldomu tanpa sadar. mau?

      Hapus
    12. Gan, bisa ga cairin bpjs pake copy KK?? Baca2 di mbah google katanya harus KK asli..

      Hapus
    13. Masukan aja nih, saya pernah cairin BPJS, gak ribet kok, dan pencairannya cepat. Klo gak punya paklaring kan bisa pakai surat keterangan pencairan BPJS dari kantor. Klo kantornya tutup, ttd pernyataan di atas materai. Waktu itu dokumen boleh copy kecuali kartu bpjs dan paklaring. Klo kartu bpjs ilang bisa donlot apk BPJSTKU di playstore cetak ulang aja kartunya yg ada di apk. Nanti kartu bpjs diambil sama pihak bpjs, klo paklaring asli cuma di cek aja kok gak diambil.

      Hapus
    14. Kalau tetap ga di kasih gmn?
      Setiap perusahaan beda" soalnya

      Hapus
    15. makanya negara ini kacau, jelas2 jamsostek/BPJS sudah mengeluakan ID peserta, kenapa musti dipersulit lagi dengan data2 lain. apa artinya ID peserta. ingat jgn terlalu banyak bikin peraturan atau cela, semuanya bisa di manfaatin sama oknum.

      Hapus
    16. Betul ktanya jaminan hari tua gliriran mau diambil susah..pdahal itu kn hak kita..punya 2 kartu yg satu gk ada pklaring jdi gk bisa diambil semua..alasan sja mau ambil yg ada pklaringnya sja gk boleh aneh...setuju gk usah ribet krtu sama ktp asli udh ckup akurat ngpain ribet2 ambil uang sndri kok dibkin rbet..ttup aja bpjs klo gtu nah nyusahin aja...

      Hapus
    17. Iya gausah di persulit hak kita, masa iya gak ada jln keluar nya???
      Saya krj brp hr di kasih jamsostek diberikan tp gak di kasih kartu! Dan berpikir cma beberapa hari iya masa di buat kan bpjstek, nah setelah itu kpj dan paklating gak ada trus solusi nya gmn???
      Krn saya mau ambil yg sdh ada hrs nya bisa gausah di persulit tetep gak bisa lapor aja ke pengadilan????

      Hapus
    18. Bilang aja ke Bu Risma ya biar gampang semua GK perlu ribet ..itu kan hak kita ngapain di persulit

      Hapus
    19. Saya sudah datang ke perusahaan tp hrdnya tetep gk kasih..mau ngasih klo ada niknya..sedangkan nik saja saya lupa..id cardnya sudah hilang karna sudah lama dri tahun 2015..pdahal klo nik karyawan hilang kan bisa ganti rugi..saya sudah bilang ke hrd mau ganti rugi tp hrdnya tetep gk mau kasih..
      Sedangkan klo masih bekerja nik hilang saja suruh ganti rugi..
      Bagaimana klo sperti ini..

      Hapus
    20. Demo aja dah yok.. gue ikutan dah.. laporin ke KPK

      Hapus
  5. Mohon penjelasannya, jika data kita hilang iti bagaimana???

    BalasHapus
  6. BPJS aneh, sudah jelas itu duit kita, gaji kita dipotong, knp tidak bisa hanya karena paklaring doang, kalo kaya gitu dimkn BPJS donk.HALAL ngak kira2 ya.? kalo gw sih ngak ikhlas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haram bro,semoga pada meledak perut nya

      Hapus
    2. Yang saya alami sekarang t bos

      Hapus
    3. Itulah negara +62,
      Bukan nya mensejahterakan malah mempersulit rakyat nya

      Hapus
    4. Minta surat keterangan untuk pencairan BPJS. Kantor saya dulu memberi 2 lembar yaitu Paklaring (Surat keterangan kerja) dan surat keterangan untuk pencairan BPJS. FYI aja, saya mau cairin uang BPJS tahun 2014 loh, dan saldonya gak nambah dan gak kurang. Saya pernah baca, klo perusahaan nolak memberikan surat pernyataan untuk pencairan BPJS (bukan Paklaring loh ya), nanti dibantu telp ke kantornya sama pihak BPJS untuk segera dibuat suratnya.

      Hapus
  7. Mohon kebijaksanaannya bwt pemerintah & kantor2 bpjs, saya sudah minta paklaring keperusahaan yg lama tp data sudah hilang.. Seharusnya klo sudah Punya kartu bpjs bisa langsung di urus aja kekantor bpjs.. Itu udah Bisa sebagai bukti klo kita udah bekerja.. Mohon solusi nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Harusnya pihak bpjs punya kebijaksanaan klo memang gk ada niat curang..ksih solusi..tnpa pklaring yg pnting krtu bpjs asli sesuai ktp

      Hapus
  8. jelas kehilangan surat paklaring jd alasan kuat BPJS menahan hak kita . padahal ktp kk dan kartu peserta sudah cukup seharusnya . atau surat kehilangan dr pihak berwajib sudah bisa sebagai pengganti dokument yg hilang

    BalasHapus
  9. Saya mau mencairkan kartu bpjs saya tapi surat paklaring nya tidak ada itu gimana bisa cair gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana caranya kak klo paklaring tidak ada

      Hapus
    2. Jika memang benar perusahaan sudah benar-benar tutup, tidak beroperasi lagi, barulah kita bisa mencairkan saldo JHT walau tanpa Paklaring. Sebagai penggantinya kita wajib membuat surat pernyataan di atas materai yang isinya menyatakan:

      1. Kita sebagai tenaga kerja sudah benar-benar berhenti bekerja.
      2. Perusahaan sudah benar-benar tutup.
      3. Belum mengajukan pencairan JHT.
      4. Bila memungkinkan silakan menyertakan fotokopi ID Card/Kartu Karyawan sewaktu kita masih bekerja di perusahaan yang telah tutup tersebut.

      Surat pernyataan tersebut dibuat di kantor BPJS Ketenagakerjaan terdaftar.

      Hapus
    3. Apakah benar jika PHK bulan juli 2020 namun iuran bpjs tenaga kerja hanya dibayar sampai bulan maret 2020 sttus kepesertaan BPJS TENAGA KERJA dapat di non aktifkan

      Hapus
  10. Bagaimana caranya mencairkan bpjs sedangkan surat paklaring saja minta ke perusahaan tidak di kasih padahal sudah resign baik baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika paklaring tidak d kasi minta surat keterangan aja om ke prusahaan lamanya ,bahwa om pernah kerja di sana minta k hrd,

      Hapus
    2. Tai ledig... Tetep aja org bpjs akan ttep mempersulit kita ada aja alasan mereka utk tidk bisa mencairkan dana kita sya sendiri ngalamin, wktu mencairkan dana pakai jamsostek di perusahaan kedua, mulai dari tgl penerbitan paklaring yg tdk cocok dgn no.paklaring s/d angka romawi paklaring dengan surat terbitan depnaker yg menurut mereka tdk sesuai,

      Terus bagaimana dgn saya yg masih punya kartu jamsostek di perusahaan pertama yg perusahaan sudh tutup?? Dan status sy masih bekerja??? Syarat2 bs mncairkan dana harus, belum pernah mengajukan pencairan dana, sdgnkan sy sudah????

      Buat sya bpjs dan pemerintah itu orang2 yg mw mengambil paksa duit org lain, dgn alasan paklaring.. Pdahal dgn kartu asli + ktp udh cukup untuk mencairkan dana, tanpa embel2 apapun!!! Doain aja biar mereka perutnya pda busuk di dalem kubur!

      Hapus
  11. Bubarkan aja deh BPJS gak jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bubarkan..bubarkan..tutup aja mnding nabung sndri aja..!!!

      Hapus
  12. Ngambil hak sendiri aja di persulit
    BPJS dah banyak makan uang rakyat tuh,,huuuuuh

    BalasHapus
  13. Saya mau tanya, saya sudah dpet paklaring. Nah sedangkan saya ganty nama perusahaan, abis itu tonggl surat paklaring 1 lagi... Knpha gak isa cairin ya.. SUdh 3 bulan saya nunggu blm jafi²... BOleh gak sih cairin nya

    BalasHapus
  14. jaminan tapi tidak menjamin, banyak syaratnya, padahal data sudah zaman online,. masih purba syarat syaratnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndasmu purba. sudah bisa online kok.

      Hapus
    2. Lu aja yg goblok, komenan tahun jebod baru dibales

      Hapus
  15. Kantor bpjs nya tolol mau makan duit orang yg ga punya paklaring..klo memang itu di makan saya sumpahin modyaaarr.

    BalasHapus
  16. Perusahaan nya sudah gak ada / data sudah hilang, apakah masih di wajibkan dengan paklaring ?
    Apakah sebelumnya BPJS pernah tertipu(pernah ada kasus) dalam al pencairan JHT kok sampai sebegitu kaku nya persyaratan paklaring ?
    Kecuali perusahaan masih ada dan data masih ada tapi pemohon gak mau nglengkapi uyu bedha lagi cerita nya...
    Program Rev.Mentl yg gagal, padahal sudah habis dana milyaran.
    Less_hope laaahhh...

    BalasHapus
  17. .pdhal mh ku aya na kartu jamsostek/bpjs ge tos cukup bukti ath mun kita th pernah kerja. . .meni son dpersulit..padahal itu th hak kita...

    BalasHapus
  18. Harus y klw udah bisa d klaim online, gx perlu lagi dtng ke kantor bpjs y ,ini masih aja dtang ke kntor y, percuma klaim online tpi tetep dtng ke kantor y,,
    Perlu di perbaharui kebijakan klaim online y,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seharusnya gak usah datang. Aneh, sama aja kita ikut antri

      Hapus
  19. Betul2 super aneh negeri yg katanya sdh maju seperti luar negeri tp cara klaimnya masih pake cara yg mgkn lbh baik dri jaman jahiliyah
    Nyata2 data di komputer sdh nyata klarifikasi sdh di offkan kerja dari perusahaan tp ttp saja pake surat parklaring dari kantor... Kan dungu kata om Rocky

    BalasHapus
  20. Gk ada paklaring berarti uang gak bisa dicairkan gitu? Kalo tidak bisa dicairkan berarti itu uang jadi hak milik siapa?

    BalasHapus
  21. Aku sumbangin uang pensiunanku ke bpjs , karena sya gk punya plakerin ..
    Kerja 6tahun di potong 6thn..
    Ikhlas sya semoga di ganti sama allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau perusahaanya udh tutup bisa bikin surat pernyataan di atas metrai, perjuangin aja haknya, lumayan lgi jmn virus nyari uang susah

      Hapus
  22. Aturan di kita untuk menyusahkan rakyat emang ga solusi lain.. Yang bisa membantu rakyat

    BalasHapus
  23. Kalo surat paklaring foto copy bisa ga yah yg asli ilang

    BalasHapus
  24. Uang" kita ,BPJS juga sudah diputus pihak perusahaan & perusahaan tidak ada itikad baik untuk mengeluarkan surat parklaring .
    Terus bagaimana cara cairkan BPJS?

    Uang" kita kenapa dipersulit?

    BalasHapus
  25. Hak asasi manusia di lindungi dan hak sbagai warga negara harus di penuhi.. Mna bukti nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang orang pbjs dan pemerintah pada busuuuukkkk semua

      Hapus
  26. Tolong pemerintah kasih solusi untuk hal ini. Pertimbangkan kembali jika :
    1. Status karyawan memang sudah benar-benar OFF.
    2. Data kartu BPJS TK karyawawan sudah sesuai dengan KK & KTPnya.
    3. Jika sudah claim online maka tak perlu lah datang & mengantri kembali ke kantor BPJS (semuanya bisa diproses via online).
    Ingat itu hak karyawan dari hasil gaji yg dipotong tiap bulannya, jika karyawan tidak dapat mengklaim hanya karna tidak ada paklaring lalu kemana uang-uang itu larinya?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. SMA saya juga gak dapet paklaring mintak ke prusahan dibpersulut

      Hapus
  27. Sedih punya saya juga susah gak ada paklaring

    BalasHapus
  28. Tlong comen yang pernah cairin BPJS pakai data paklaring palsu comen di bawah. Besok saya mencoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah coba pake pengalaman palsu. Tapi di tolak. Soalnya di komputer mereka pasti ketahuan. Karna nomor referensi Jamsostek itu PT yg keluarkan. Klo kita palsukan gx sama nomor referensi nya dengan yg asli. Jadi susah. Saya pun bingung belum ada solusinya. Padahal sayang jg uang yg ada d dalamnya lumayan

      Hapus
    2. Nomor refrensi yg ada di surat parklaring ya gan?
      Soalnya saya besok mw nyobak pencairan pakek parklaring buatan sendiri

      Hapus
    3. no referensi harus ada..punya gw gatot gara2 gak ada no ref surat paklaring nya

      Hapus
  29. klo parklaringnya fotocopy.n bisa gk yh? yg asli hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin aja lagi ditempat terima bikin dokumen.samain ma foto kopinya

      Hapus
  30. Iya minta solusinya untuk pencairan tanpa paklaring?

    BalasHapus
  31. saya sudah minta parkling ke kantor lama tapi tidak ada response sama sekali, apakah tidak ada obatnya sama sekali? tidak ada solusi alternative? mengapa hak kita dipersulit

    BalasHapus
  32. Ribet banget...hak gw.uang uang gw,,kenapa di persulit!!!!!!!!!

    BalasHapus
  33. Seharusnya nggak usah pakai paklaring,kan datanya sudah ada
    Cukup kartu jamsostek saja
    & Bikin surat pernyataan bila sudah keluar pake materai hitam di atas putih
    Ambil duit sendiri ribet amat
    Inilah indonesia gaes

    BalasHapus
  34. perusahan saya ga mau ngluarin paklring saya ,,karna memang kesalahan saya keluar tidak dengan SOP ,,,,saya udh minta bantuan atasan saya saya sudah nunggu bebrpa bulan tp ttp ga bisa ,,,gmana yahh syar2t cairin bpjs harus pke pklaring ....sedangkan prusahaan ga mau ngluarin tp di situ kan ad hak saya yang setiap bualn d potong ok lah kalo perusahaan jg ikut bayarin sengganya uang saya saja yg tiap bulan d potong itu...tp ttp d minta paklaring klo ga ada ga bisa cair .truss duit nya kemana yah ..kan data qt pasti udah ad dong d bpjs ad ktp ad kk ad no bpjs jg tp sulit sekali ,,,mudah sekali potong tiap bulan tp sulit sekali cairinnya hnya krna ga ad paklrinh

    BalasHapus
  35. Gimana caranya tanpa paklaring atau ada yg pake paklaring palsu

    BalasHapus
  36. pas pembayar bpjs tanpa kk asli. giliran pencairan minta kk. bujang inam bpjs

    BalasHapus
  37. Tanpa paklaring seharusnya bisa mohon dirubahlah aturanny supaya lebih mudah,karna itu hak kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama,kmren mnta suket dr perusahaan tp ga dikasih,mna saldonya 9 juta lgi

      Hapus
  38. Kalo id cart tidak ada gimana

    BalasHapus
  39. Gw kerja belasan tahu. Udh resign 5-6 thn yg lalu. Mau minta paklaring rasanya malu bgt. Telat bgt soalnya. Dan gw jg dah males berurusan dgn kantor yang lama. Semoga Allah mengganti hak saya dan teman2 yang hilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ambil aja mas...saya keluar 2015 tahun 2019 baru minta paklaring buat bpjs...toh itu hak kita...kecuali kita keluar kerja nya bermasalah mungkin baru malu 😁

      Hapus
    2. Kita minta paklaringnya dimana ya? Di kantor daerah masing-masing, atau di tempat kerja dulu? Saya pernah kerja di saudi soalnya 2thn karena kontrak sudah habis. Mohon informasinya🙏

      Hapus
  40. ya Allah kenapa buat aturan seperti itu dan pihak BPJS sepertinya kekeuh tidak punya solusi lain, jika memang perusahaan tidak memberikan, setidaknya ada hukuman juga untuk perusahaan tersebut, semoga para petugas BPJS atau pembuat aturan dibukakan hatinya sedikit saja

    BalasHapus
  41. Orang BPJS pasti banyak duitnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karyawannya keliatan kaya2.. gaji gede2

      Hapus
  42. coba dijelaskan masalahnya apa.. mungkin bisa dibantu

    BalasHapus
  43. Perusahaan uda pailit katanya dan gak mau memberi pesangon alasannya bosnya utk makan aja sulit, trs kita ditekan utk menandatangani surat pengunduran diri, dan alhamdullillah kita bisa lari ,kita belum mengunduran ,ketika kita menuntut uang pesangon ternyata juga berbelit belit apa kita kaum bawah dgn seenaknya yg bos besar berkuasa gk mau memberi pesangon dan uang kita sendiri dlm pencairan jht juga berbelit belit, perusahaan juga gk mau memberi surat refensi kerja kita karena mereka pikir enaknya bisa nyairin uang jht, uang pesangon, makanya saya mohon keadilan di negeri kita ini, memang undang undang seharusnya ditaati, tapi kenyataanya boss besar telah memperlakukan kita kaum buruh dgn seenaknya dgn alasan utk bos aja gk bisa makan, pertanyaan saya dgn kasus yg spt ini bagaimana tindakan disnaker, dan BPJS, kalau memang pihak perusahaan tdk mau memberikan surat referensi trs selama ini kita dianggap apa, mohon ada tanggapan dari pihak yg terkait,terima kasih

    BalasHapus
  44. adminnya kemana, jangan nganggur dong, banyak yang nanya ini, judul artikel tidak sesuai dengan content, judulnya cara mencairkan tanpa, contentnya cara mencairkan harus dengan... click bait gak mutu

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju hahaha ujung2 nya kan harus pakek,bukan tanpaaa

      Hapus
  45. Moga² bs, soalnya paklaring gw ilang trs pt nya udh tutup (bangkrut)

    BalasHapus
  46. BPJS mah gituu...jujur saya keluar dari perusahaan karna super jenuh.keluar tanpa kabar(ya kesalahan saya juga).coba minta tlng sama teman yg masih kerja katanya harus bersangkutan yg bikin paklaring..mo kembali ke jakarta kyknya ga mungkin..blom di ongkos klo ketemu HRD sung jadi enak..klo ga ketemu/ditunda mo nyari penginapan dah dana lagi..mungkin seribu hal orang keluar dari perusahaan.dan seribu hal itu yg mengikat 1 titik(paklaring).kyknya ga imbang..cuma saran..klo nama(KTP).idcard perusahaan.kartu pbjs.KK ada/sama..saya rasa sudah cukup.knapa harus dipersulit dengan paklaring..toh juga klo orng2 yg tanpa paklaring semua telah diproses..kedepannya pihak bpjs juga kerjanya ga numpuk.karna data2 nya dah berkurang.

    BalasHapus
  47. Saya juga ga punya paklaring bukan, kabur dari perusahaan gaada masalah sama perusahaan tapi setiap saya minta paklaring ke perusahaan saya sendiri di persulit, padahal saya tanyain terus ke personalia saya dan jawab nya cuman bilang lagi di proses gitu mulu jawaban nya, dari situ saya sudah males dan berpikiran untuk mencairkan bpjs tanpa paklaring, tapi tetep saja tidak ada solusinya untuk mencairkan tanpa paklaring

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gimna solusinya apah harus laporan ke Disnaker bahwa peushan mempersulit

      Hapus
  48. admin ,mohon untuk memberikan solusi yang tepat, terimakasih

    BalasHapus
  49. Saldo jamsotek udah belasan juta tapi gak bisa cair gara2 paklaring hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika memang benar perusahaan sudah benar-benar tutup, tidak beroperasi lagi, barulah kita bisa mencairkan saldo JHT walau tanpa Paklaring. Sebagai penggantinya kita wajib membuat surat pernyataan di atas materai yang isinya menyatakan:

      1. Kita sebagai tenaga kerja sudah benar-benar berhenti bekerja.
      2. Perusahaan sudah benar-benar tutup.
      3. Belum mengajukan pencairan JHT.
      4. Bila memungkinkan silakan menyertakan fotokopi ID Card/Kartu Karyawan sewaktu kita masih bekerja di perusahaan yang telah tutup tersebut.

      Surat pernyataan tersebut dibuat di kantor BPJS Ketenagakerjaan terdaftar.

      Hapus
  50. ko ribet banget yah .. padahal dengan adanya kartu jamsostek aja semestinya sudah bisa ...

    BalasHapus
  51. ...saya mau resigned,baru ngomong ke supervisor,eh sorenya langsung turun SK, kalo pengajuan resigned harus 30 hari dari hari H, kalo tidak mengikuti aturan tersebut, paklering tidak turun, semoga BPJSTK paham dengan kondisi ini, kesempatan bekerja di tempat yg lebih sejahtera, tidak bisa menunggu 30 hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali ,,,,,

      BPJS akal2an doang ,,,

      Ngambil Duit kita sendiri kok dipersulit

      Hapus
  52. ...sudah tidak ada setoran dari perusahaan asal tempat kita kerja, dibantu dengan rekening koran sudah tidak ada lagi gaji yg masuk, saya rasa sudah jadi bukti kuat, kita sudah off dari perusahaan tersebut, tanpa paklering saya rasa harusnya bisa cair, apalagi kita punya Kartu BPJS dan aplikasi BPJSTK.

    BalasHapus
  53. Miris melihat anggota bpjs yg dipersulit oleh aturan pemerintah.
    Pemerintah tutup mata.karena uang tersebut sebenarnya minus buat bayat para pejabat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju ,,,,

      Semoga BPJS Bangkrut yang sebangkrut2nya,

      Dan dibangun lagi dengan sistem baru yg lebih Syar'i

      Hapus
  54. Saya ada 2 klaim JHT.
    1 ada pakliringnya dan 1 nya tdk ada. Saya tanya ke pihak BPJS (Karimun Jawa Surabaya) perihal pakliring yg tidak ada dan dijawab oleh petugas BPJS bahwa harus ada keterangan dr pihak perusahaan, jika karyawan sudah meminta ke pihak perusahaan tetapi tidak dijawab/tidak menerbitkan/dipersulit oleh pihak perusahaan maka itu bisa menjadi bukti pengganti pakliring.
    Karyawan harus punya bukti lewat WA/SMS/email yg ditujukan ke pihak perusahaan (HRD/bagian yg menerbitkan pakliring) jika sampai 2 minggu lebih tidak ada kabar/dipersulit maka itu sudah cukup menjadi bukti pengganti pakliring.
    Jangan lupa di screen shoot buktinya.
    Maaf tapi saya belom mencobanya,informasi tersebut saya dapat dr petugas BPJS yg terkait pertanyaan2 sperti tdk ada pakliring.
    Selamat mencoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran pak??? Senoga infonya bener ya.. soalnya sy udah ada bukti sc WA aja.. Bismillah

      Hapus
    2. Bagaimana dg yg ini?? Apakah sudah ada yg pernah mencoba? Soalny kronologiny sama kayak saya

      Hapus
    3. Maaf jadi selanjutnya gimana pak dengan klaim BPJS nya?? Bisa di cairkan ??

      Hapus
    4. Saya juga 1 nomer bpjstk ada 2 perusahaan. Yg 1 ada paklaring, yg 1 perusahaanya tdk mau keluarin paklaring. Itu bisa mas punya mu cair?

      Hapus
  55. Kalau perusahaannya bangkrut gimana ya, trus saya belom di buatkan paklaring terima kasih 🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsg saja k kantor bpjs... Bilang bahwa perusahaan sudah tutup. Langsg cair

      Hapus
  56. Saya mau risign dari perusahaan saya bekerja saya bekerja udah ada 8 bulanan tetapi pihak perusahan tdk mau mengeluarkan surat REKOMENDASI saya dari perusahaan tempat saya bekerja sekarang. Padahal saya risign swcara notice ( tertulis) dengan mengikuti SOP perusahaan. APAKAH SAYA BISA MENGKLAIM BPJSTK saya tanpa surat rekomendasi.... Yg dikarnakan perusahaan tdk mau mengeluarkan nya.

    BalasHapus
  57. Mau klaim udah bolak balik 3x ttep gag bisa karna dipersulit sama yg namanya paklaring setau aku dulu yg nmanya cuman dpet 1krtu jht dri 2 prusaan ya brrti udah di gabung dan trnyta data di jamsostek saldo msih sendiri2 dan harus melampirkan paklaring dri ke 2 perusaan pdahl perusahaan yg dulu udah bener2 gag mau ngeluarin surat plakaring ataupun surat2 rekomendasi lainnya udah ada paklaring dri pt terakhir tpi ttep tidak bisa di klaim,tolong lah ini uang yg mau di klaim adalah uang kita sendiri yg di potong perbuln dri hsil kita kerja katnya buat kesejahteraan tpi knapa harus di persulit untuk masalah pencairan.tolong di kasih solusi ini hak kita sendiri bukan hak perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nasibnya, Ya mau gimana lagi kita rakyat biasa selalu pasrah. Cuma bisa Berdoa berharap mudah mudahan periode berikutnya berbeda aturan dan kebijakan.

      Hapus
  58. Uang yang ada di bpjsketenagakerjaan itu sepenuhnya hak kita, tolong bpk presiden Jokowi bantu untuk revisi di klaim BPJS ketenagakerjaan tanpa paklaring jangan di persulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jokowi sendiri lagi butuh uang Brooooo ,,, utangnya Banyak

      Hapus
    2. Yang buat undang2 itu DPR yg ngurus dibidang ketenagakerjaan

      Hapus
  59. Ya allah kenapa sulit bener mau cairin juga, tetep hus ada paklaring klu sudh gk ada harus gmna,tolong permudah lah itu hak saya yg bertahun tahun di potong dari salery.prcuma ngmng lebar gk bakalan d gubris.di palsuin kena pidana, trus gmna solusinya pak bu.

    BalasHapus
  60. Mau ngambil uang sendiri aja ko repot.

    BalasHapus
  61. aku udh coba minta surat paklaring ke perusahaan tpi perushaan gak mau kasih karna aku di phk. trus aku minta surat keterangan phk juga gak di kasih beliau bilang akan di kasih tahun depan. masa aku harus tunggu tahun depan padahal aku udh gak ada urusan lg sm perusahaan itu. gimana sih sebenarnya hukum yg mengatur hak karyawan di bpjs itu ngapain coba cairin bpjs harus ada parklaring? faedahnya apa buat mereka? mereka butuh bukti apasih sebenarnya??katanya indonesia negara hukum yg adil tapi kok ambil hak sendiri aja di persulit negara. harusnya kartu jamsostek kk dan ktp aja udh jadi bukti yg kuat bagi mereka. tolonglah pemerintah rubah peraturan parklaring" gitu toh disini perusahaan banyak yg gak bertanggungjawab jugak kok.

    BalasHapus
  62. sama saya sudah sampai perusahaan ditolak mentah sama satpam ... parah negara bpjs

    BalasHapus
  63. Bagaimana seorang yg pekerjaanya ojek online,atau buruh lepas yg tidak punya parklaring .tentunya sulit untuk cairkan JHT jika org tersebut ikut menjadi peserta JHT .bagaimana solusinya agar memudahkan dan bukan menyulitkan..

    BalasHapus
  64. Om admin apakah bisa minta surat keterangan ke disnaker kalau perusahaan nga mau keluarin paklaring karena kesalahan sy yg keluar tdk sesuai SOP dan perusahaan tidak bisa dan tidak mau menerbitkan paklaring. Maaf om sy cuman memperjuangkan hak sy yg dipotong di gaji setiap bulannya dulu.

    BalasHapus
  65. Jamsostek hidup dr makan keringat pekerja yg didzolimi.

    ini kalo mengadu, kita harus mengadu kemana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gakda yg bisa bantu kita mas, semua penguasa di bumi tercinta ini buat pusing kepala. Hanya bisa mengadu kepada Allah SWT semoga dilancarkan rezeki, dikasih sehat dan dimudahkan segala urusan kita. Amin

      Hapus
  66. Kalo perusahaan tutup gmn? Blm dpt paklaring

    BalasHapus
  67. Mf saya mau tanya,1 tahun lalu saya sudah pernah mencairkan dana JHT lancar dan sukses,nah saya dipanggil lagi diperusahaan ini lgi sudah bekerja setahun.dan ini saya sudah habis masa kerjanya.kira kira bisa gak saya mencairkan dana JHT menggunakan paklaring yg lama satu tahun lalu.tpi ni nama perusahaannya masi sama loh sama yg dlu..

    BalasHapus
  68. Gimana jika satu kartu bpjs terkait 3 prusahaan.tapi 1 palerking dari prusahaan gak ada karna resin tampa ktrangan. Bisa gak cairkan bpjs nya
    Minta infonya

    BalasHapus
  69. Semoga ada orang baik yang baca semua keluhan teman-teman, dan dia diberikan kemudahan utk membantu.


    Atau pihak bpjs lihat semua komen ini, dan hatinya tergetar.

    Tidak semua pabrik itu baik, ada Juga yang dzolim dan sengaja mempersulit x karyawannya.


    Semoga Allah membalas kebaikan pahlawan yang mau bantu masalah ini.

    BalasHapus
  70. Bpjs ketenagakerjaan memang birokrasi yang paling ribet Dan berbelit. Padahal semua data Ada di komputer. Bikin stress kalau urusan sama kantor yang satu ini

    BalasHapus
  71. Menurut saya apapun latar belakang masalahnya uang jht adalah hak pekerja. Kalaupun ada urusan yng blm selesai antara perusahaan dan pekerja tidak ada urusannya dgn bpjs. Artinya saat pembayaran sudah dihentikan perusahaan dan status pekerja sudah tidak aktif di system bpjs maka seharusnya bpjs wajib mencairkan apabila ada claim dr pekerja.

    Krn semua data sudah ada dan lengkap di system mereka. Jd urusan pekerja dgn bpjs terkait claim jgn dicampur adukan dgn urusan pekerja dgn perusahaan.

    BalasHapus
  72. Kalau seandainya pernah kerja di 2 perusahaan... Perusahaan pertama ada plaklaring dan yg terakhir tidak ada apa masih bisa di cairkan sah satunya atau otomatis g bs

    BalasHapus
  73. Saya GK punya pklaring,mau minta pklaring jauh lagi pula Pt itu sudah tutup,tpi stelah sya cek d kantor BPJS katanya perusahaan tersebut masih aktif,pdhl nyatanya udh ttup

    BalasHapus
  74. Mau ambil uang sendiri aja ribetnya minta ampun .. padahal jelas" di BPJS tertera nama dan no ID seperti di KTP serta perusahaan yg membayar JHT masih aja di tanyain pklaring .. perusahaannya aja udah pindah entah kemana dan di cari di google nama perusahaan tersebut udah gak ada ..

    BalasHapus
  75. Tidak semua perusahaan mau melayani "mantan karyawan" apalg urusan pengalaman kerja. Kawan aja bolak balek kgk dikasi. Sengaja kgk mau ketemu. Solusi nya apa??? Perusahaan Bisa dilaporkan?? Harusnya pemerintah memberi solusi. Apalg ini hak pribadi karyawan. Kasus kawan sampe sekarang kgk bisa cairin tabungan hasil kerja bbrp perusahaan cuman gara-gara pengalaman kerja di 1 perusahaan terakhir.

    BalasHapus
  76. Itu uang anda hak anda..bpjs cuman pelantara doang dia gak berhak menghambat tanpa alasan...silakan ambil jika berkas sudah komplit

    BalasHapus
  77. Parah.... saya dikontrak 1 tahun 2005 trus permanent 2006 ... dipakliring masa kerja berarti dr 2006 ..... tetap aj kagak bisa cair ..... truss mana ad dipengalaman kerjaasa kontrak 1 thn masa permananent dr thn sekian sampe tahun sekian..
    ...

    BalasHapus
  78. Paklaring jelas hanya akal2an saja sih menurut saya. Coba kalikan yang senasib...yang kerja tidak sampai 6 bulan atau setahun ada berapa orang laluuu...dikalikan jumlah pekerja beberapa juta. Silahkan dibayangkan sendiri.

    Jelas peketja ada hak disitu, dan berapapun jumlahnya yang kita bayar setiap bulan untuk iuran, sampai mati orangnya ga pernah menikmati. Uang itu jadi hak siapa? Silahkanndipikirkan lagi.

    BalasHapus
  79. Orang tua ada Jamsostek sama idcard waktu dia masih kerja. Tapi plkaringnya engga ada soalnya pabriknya udh tutup. Kira kira bisa ga yah?

    BalasHapus
  80. Inilah negara yang penuh dengan ribet semua dibikin ribet anjing bangsat keparat

    BalasHapus
  81. Nanya sama bagian klaim bpjs , udh jelasin kalo paklaringnya gak ada karna perusahaan gabisa kasih. Petugasnya cuma bilang konsultasikan dgn dinas ketenagakerjaan. Astagfirulloh dipersulit

    BalasHapus
  82. Jika seandainya saya pernah bekerja sebelumnya dan bpjs ketenagakerjaan tetap saya lanjutkan. Dan pada saat perusahaan saya sekarang saya keluar tanpa surat pengunduran diri, bagaimana dengan bpjs ktngakerjaan saya perusahaan sebelum nya?
    Apa itu sudah hangus dan tidak bisa diambil? Mohon info nya, terima kasih

    BalasHapus
  83. Nah kalo kita punya banyak kartu tapi kita lupa kartu tersebut di perusahaan yang mana karena paklaring nya ga ad.coba web, apk bpjsku, sms semua blg nik tidak valid,gimana solusinya

    BalasHapus
  84. mudah mudahan ada orang yang bisa membantu semua keluhan ini,saya juga senasib,mau klaim bpjs menurut saya sudah lengkap ada paklaring,kartu peserta,kk,ktp,no rekening,dan formulir klaim yang sudah saya tanda tangani, semua asli.sudah nyoba yang offline sampai abis uang buat kesana kemari,sudah nyoba yang online,tapi hasilnya nol,kata petugas karena NIK yang tertera memiliki 2 kepesertaan,parahnya saya tidak tahu lagi kemana kartu yang satu itu,dan saya cari perusahaan tempat kerja dulu gak ketemu,buka buka google sampai pusing, sampai sekarang GAK BISA CAIR DUA DUANYA,alasanya harus di lengkapi yaitu paklaring dan kartu peserta, mumett

    BalasHapus
  85. aku juga mau nyairin tapi ternyata namaku aku ada 3 kartu dan aku baru tau kalau dulu ditempat kerja aku ternuata didaftarin dan saya gak pernah dikasih kartunya. giliran kau mu cairin gak bisa harus punya surat keterangn kerja dan nomer bpjsnya 3 3nya . yg 2 ada yg 1 gak ada saya minta malah dipeesulit. solusinya gimn dong ? lumayan saldoku diatas 6hta kan sayang kalau gak dicairin

    BalasHapus
  86. Geram tapi gatau mau berbuat apa.. disaat suami lg tdk kerja dan mw cairin bpjs kyk gini susah bgt ya Tuhankuu.. sementara klw masuk kerja bpjs tdk bs cair, dimana kreditan jalan terus,anak hrus makan mnm susu.. sdh lelah mondar mandir krn perusahaan tdk ngasih surat rekomendasi. Ujung2nya mw teriak pun percuma. Dan akhirnya cuma bisa nangis, berserah Tuhan kasih jalan😭 biar hutang pun bs di bayar😭😭😭😭

    BalasHapus
  87. Sudah minta pakelaring/referensi kerja ke perusahaan tapi tidak di kasih, minta surat pengantar untuk pencairan BPJS ketenagakerjaan jawaban HRD (perusahaan tidak mau mengeluarkan surat selain referensi kerja)
    Trus gimana cara saya nyairin BPJS ketenagakerjaan nya, minta solusinya 🙏

    BalasHapus
  88. Mau tanya, saya kan bekerja di perusahaan lama tahun 2013-2015 saya keluar tidak sesuai SOP. Tahun ini saya mau mencairkan jht diperusahaan lain tapi tidak bisa karna harus ada pakelaring dan kartu Jamsostek dari perusahaan yang lama sedangkan saya tidak pernah diberi kartu Jamsostek oleh perusahaan yang lama jadi saya tidak tau no kpj nya. Mohon info untuk mendapatkan no kpj itu saya harus tanya siapa ? Terimakasih

    BalasHapus
  89. Bapak saya meninggal di tempat kerja, minta paklaring sudah 3bln tidak direspon, gimana solusinya

    BalasHapus