Segudang Manfaat Aplikasi BPJSTK Mobile, Rugi Kalau Nggak Punya

Bagi para pekerja peserta program BPJS Ketenagakerjaan yang masih aktif, apalagi kalau sehari-hari menggunakan HP Android, sayang sekali kalau tidak mengunduh dan memasang aplikasi BPJSTK Mobile di smartphone-nya. Soalnya banyak sekali manfaat dan kegunaan yang bisa didapatkan dari aplikasi keren ini. Selain itu aplikasi ini juga sangat mudah digunakan.

Seperti yang kita tahu, dengan semakin majunya perkembangan teknologi dewasa ini, berbagai informasi bisa didapatkan dengan mudah dan cepat melalui tools ataupun aplikasi pada smartphone. Begitupun berbagai informasi yang terkait dengan program Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan, bisa kita diperoleh dengan mudah dalam genggaman melalui aplikasi BPJSTK Mobile, tinggal mengklik menu-menu yang disediakan dalam aplikasi tersebut.

BPJSTK MOBILE
Source: bpjsketenagakerjaan.go.id

Bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan aktif, syarat-syarat untuk bisa menggunakan aplikasi BPJSTK Mobile adalah melakukan pendaftaran akun (registrasi) terlebih dahulu. Kemudian tentu saja harus memiliki modal untuk mengakses internet, baik berupa pulsa telepon, data internet maupun jaringan WiFi.
Baca Juga: Pahami Bedanya Persyaratan Dokumen Pencairan JHT Bagi Karyawan yang Resign, PHK dan Habis Kontrak
Baiklah, di kesempatan ini kami akan sharing dulu apa saja manfaat dan kemudahan yang bisa kita nikmati di aplikasi BPJSTK MOBILE. Antara lain bawah ini:


  1. Untuk Cek Saldo JHT (Jaminan Hari Tua) kapan saja secara online.
  2. Mengetahui Informasi Rincian Saldo JHT. Jadi selain mengetahui total saldo, dengan aplikasi BPJSTK Mobile kita juga bisa melihat informasi saldo JHT secara terperinci.
  3. Mengetahui Alamat Kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Tinggal pilih propinsi tempat tinggal kita, lalu cek apakah di kabupaten atau kecamatan di tempat tinggal kita memiliki kantor cabang ataupun kantor cabang perintis. Alamat dilengkapi dengan Google map sehingga bisa mempermudah saat mencari keberadaan kantor BPJS TK yang ingin kita tuju.
  4. Mengetahui Lokasi Rumah Sakit Trauma Center terdekat lengkap dengan peta (map) sehingga semakin memudahkan pencarian alamat RS Trauma Center yang diinginkan.
  5. Mengetahui semua program BPJS Ketenagakerjaan. Selama ini yang paling banyak diketahui dan diikuti oleh para pekerja hanyalah program Jaminan Hari Tua (JHT). Padahal masih ada beberapa program lainnya seperti Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiun.
  6. Melihat informasi kepesertaan kita. Apakah masih aktif atau sudah non aktif.
  7. Akun bisa digunakan untuk Log In via komputer saat ingin mengajukan mencairkan dana JHT secara online.
  8. Bisa melihat Informasi saat ada beasiswa dari BPJS Ketenagakerjaan.
  9. Mengetahui nomor telepon dan berbagai sosial media BPJS Ketenagakerjaan, yang bisa kita gunakan untuk pengaduan dan berbagai pertanyaan seputar BPJS Ketenagakerjaan.
  10. Untuk melihat Informasi mengenai Pinjaman Uang Muka Perumahan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang masih aktif dengan syarat-syarat tertentu.
  11. Memperoleh informasi Diskon Khusus bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan dari beberapa Hotel, Restoran, Tempat Hiburan dan pusat Perbelanjaan ternama.
  12. Membaca berita-berita terbaru dan berbagai kegiatan seputar BPJS ketenagakerjaan dari seluruh Indonesia.
  13. Informasi Return To Work, yang merupakan program pendampingan bagi pekerja yang mengalami kecelakan kerja. Pendampingan dilakukan sampai korban bisa bekerja kembali.
Dan berbagai manfaat tambahan lainnya yang nanti bisa teman-teman lihat sendiri setelah memiliki aplikasi ini.

Dulunya, aplikasi BPJSTK Mobile ini juga bisa digunakan untuk meng-upload file hasil scan berkas-berkas untuk pengajuan pencairan saldo JHT secara online (e-klaim), tapi sayangnya sekarang sudah tidak bisa lagi. Tapi bisa jadi di waktu yang akan datang, fitur ini akan tersedia lagi dengan format yang lebih baik. Soalnya aplikasi BPJSTK Mobile ini terus berinovasi dan terus dikembangkan.

Ukuran aplikasinya sendiri tidak terlalu besar. Untuk versi terbaru cuma berukuran 47,46 MB. Tampilannya sangat menarik dan lebih personal. Bisa memasang foto profil pribadi kemudian bisa dishare di sosial media.

Itulah beberapa kegunaan aplikasi BPJSTK Mobile. Sangat bermanfaat bukan? Jadi silakan download saja aplikasinya di Google Play, App Store atau BlackBerry World kemudian instal di perangkat smartphone Anda. Tapi jangan lupa, untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut secara full, teman-teman wajib registrasi akun terlebih dahulu.

Terima kasih sudah membaca. Dan selamat melanjutkan kesibukan.

1 Response to "Segudang Manfaat Aplikasi BPJSTK Mobile, Rugi Kalau Nggak Punya"

  1. Kenapa kode verifikasi tidak muncul setiap saya mau daftar BPJS

    BalasHapus