Cara Daftar Akun BPJSTK Mobile Untuk Cek Saldo JHT Lewat Internet

Cara registrasi akun BPJS TK Mobile ini penting bagi teman-teman yang sudah mengunduh aplikasinya di Google Play store tapi belum bisa menggunakannya. Di artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang berbagai manfaat dan kegunaan aplikasi BPJSTK Mobile. Semoga teman-teman sudah membaca dan bisa memahaminya dengan baik. Nah di kesempatan kali ini giliran bagaimana cara mengoperasikan aplikasi tersebut.

Untuk bisa menggunakan aplikasi BPJSTK Mobile, teman-teman harus memiliki smartphone yang mendukung kalau di Android minimal android versi 3.0. Dan jika memiliki perangkat yang memadai, langsung saja download aplikasinya secara gratis di Google Play Store untuk Android, App Store untuk Apple atau BlackBerry World untuk Blackberry. Setelah terinstal, silakan buka aplikasinya untuk melakukan proses selanjutnya.
Oh iya, jika sebelumnya sudah pernah registrasi akun BPJS TK lewat browser baik di smartphone maupun komputer (laptop), sobat bisa langsung menggunakan aplikasinya. Tidak perlu registrasi lagi. Karena itu artinya sobat sudah memiliki akun. Tinggal Log In menggunakan email yang waktu itu digunakan untuk mendaftar, dan PIN yang waktu itu diberikan lewat email sebagai password.

Source: bpjsketenagakerjaan.go.id

Tapi tidak perlu khawatir kalau belum pernah mendaftar, karena kita bisa registrasi langsung lewat aplikasi yang telah didownload tadi. Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk registrasi antara lain:
  1. KTP untuk diambil Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  2. Kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek untuk diambil nomor kepesertaannya.
  3. Email aktif dan belum pernah digunakan untuk pendaftaran akun BPJSTK.
  4. Nomor handphone aktif.
Baca Juga: Cara Membuat Akun BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) Untuk Klaim JHT Secara Online

Langkah-langkah registrasi akun melalui aplikasi BPJSTK Mobile adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasinya.

2. Klik Daftar Baru yang terdapat sudut kanan bawah.

3. Masukan email aktif sobat, lalu klik SELANJUTNYA.

4. Periksa kotak masuk email sobat. Akan ada email berisi PIN konfirmasi dari BPJS Ketenagakerjaan.

5. Kembali ke aplikasi BPJSTK Mobile, masukan PIN yang diberikan tadi, kemudian klik VERIFIKASI.

6. Buat PIN baru dengan menggunakan angka maksimal 6 digit. PIN ini nantinya digunakan untuk password Log In aplikasi BPJSTK Mobile. Jadi pilihlah angka yang mudah diingat. Masukkan sekali lagi PIN baru tersebut, tentunya angkanya harus sama. Lalu klik SELANJUTNYA.

7. Sampailah di halaman konfirmasi kepesertaan. Pilih saja YA, SAYA PESERTA.

8. Masukkan nama lengkap sobat sesuai dengan yang tertera di KTP elektronik. Lalu tekan SELANJUTNYA.

9. Masukkan tanggal lahir sobat, juga harus yang sesuai dengan yang tertulis di e-KTP. Kemudian klik SELANJUTNYA.

10. Masukkan nomor KTP elektronik sobat. Kemudian tekan SELANJUTNYA.

11. Masukkan no KPJ (Kartu Peserta Jamsostek). Nomor tersebut tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan milik sobat. Setelah itu tekan SELANJUTNYA.

12. Input nomor handphone sobat yang masih aktif. Tunggu sampai ada SMS masuk dari BPJSTK, yang berisi PIN untuk verifikasi.

13. Kembali ke aplikasi, masukkan PIN yang dikirim via SMS tersebut, lalu klik VERIFIKASI.

Sampai di sini proses registrasi akun telah selesai. Anda sudah resmi memiliki akun BPJSTK dan sudah bisa menggunakannya untuk memperoleh semua manfaat secara full. Seperti Cek Saldo JHT, Informasi Rincian Saldo JHT, menghitung simulasi saldo JHT, mencari lokasi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat, informasi kepesertaan, mendapat informasi diskon khusus hotel, restoran, tempat hiburan, tempat belanja bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan, unggah foto profil pribadi kemudian dibagikan ke sosmed, dan banyak lagi manfaat tambahan lainnya. Tinggal meng-klik klik fitur-fitur yang telah disediakan.

Sedikit catatan, jika data-data yang diinput tadi benar dan akurat dengan data-data kependudukan yang sudah tersimpan di database BPJS Ketenagakerjaan, dijamin registrasi akun akan berhasil 100%. Tapi jika proses registrasi selalu gagal, kemungkinan besar ada data-data yang tidak cocok.

Solusinya silakan teman-teman menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan melalui telepon di nomor (021) 175, atau boleh juga kirim pesan lewat Official Facebook atau Twitter resmi BPJS Ketenagakerjaan. Semua aduan akan dilayani setiap hari dari pukul 07.00 hingga pukul 22.00 WIB. Tidak perlu ragu karena adminnya ramah-ramah. Nanti data-data kita akan diminta kemudian dicari dimana ketidakcocokannya, lalu diberikan cara bagaimana memperbaikinya.t
Demikianlah tata cara registrasi akun sebagai syarat menggunakan aplikasi BPJSTK Mobile. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman pekerja yang membutuhkannya. Terima kasih.

17 Responses to "Cara Daftar Akun BPJSTK Mobile Untuk Cek Saldo JHT Lewat Internet"

  1. Kenapa saya susah sekali untuk melakukan pendaftaran akun saya selalu saja akun saya di bilang belum aktip padahal akun saya aktip tolong info lebih lanjut biar memudahkan peserta untuk melakukan login di aplikasi bpjstku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Gus Arick

      Àpakah anda peserta BPU? Jika Anda peserta BPU memang tidak bisa membuat akun BPJSTK.

      Jika Anda bukan peserta BPU tapi selalu gagal registrasi akun, kemungkinan penyebabnya banyak. Mungkin ada data2 yang salah saat Anda masukkan. Bisa juga karena ketidakcocokan data. Jaringan internet juga bisa jadi berpengaruh. Silakan dicoba lagi dan pastikan Anda mengikuti semua langkah-langkah di atas secara benar dan lengkap.

      Hapus
  2. Kalow peserta bpjstku tidak bisa login atau gimna saya mau cek saldo dan informsi lainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Gus Arick

      Banyak yang mengalami hal tersebut. Sebab saat ini BPJS TK masih dalam masa peningkatan kapasitas sistem informasi sehingga berdampak pada layanan e-service seperti aplikasi BPJSTKU, layanan SMS 2757, dan website. Disarankan untuk dicoba-coba lagi secara berkala. Terimakasih.

      Hapus
  3. Saya mau nanya knp utk cek saldo gak bisa ya? Pdhl sy SDH isi lngkap sampai pin verifikasi yg dikirim ke hp sy SDH sy masukan malah kembali ke awal lagi, mhn penjelasannya.trims.

    BalasHapus
  4. Saya mau tnya kenapa sewaktu di minta no hp untuk di verfikasi tetap gagal muncul informasi:ada kesalahan coba beberapa saat lagi. Padahal saya sudah mengisi data yang sebenarnya mohon solusinya trims

    BalasHapus
  5. Bagi peserta BPU, untuk cek saldo JHT bagaimana?

    BalasHapus
  6. Saya sudah daftar sudah behasil, tp setelah saya keluar dan mau login lg menu di aplikasi hanya menu pendaftaran aja. Gimana saya mau login kembali

    BalasHapus
  7. Cara login kembali jika lupa alamat email ?

    BalasHapus
  8. Gagal masuk email ada 2 solusinya bagaimana

    BalasHapus
  9. Sy mau daftar tp NIK sy masih terdaftar di JHT yg lama gmn solusinya

    BalasHapus
  10. Saya tidak bisa memasukkan kata sandi aplikasi karena nik sudah pernah digunakan dengan email lain,, bagaimana caranya agar dapat masuk ke aplikasi bpjstku

    BalasHapus
  11. Gimana ga bisa login, di bilang akau tidak terdaftar.. maka sdh di daftarkan...

    BalasHapus
  12. Saya sudah coba mendaftarkan antrian secara online dan saya ikuti langkah selanjutnya. Setelah sampai pengisi no rekening dan nama bank bisa gagal sedangkan nomor rekening dan namanya sudah sesuai, jawabannya nomor rekening anda tidak sesuai.
    Bagaimana cara mengatasi masalah ini?

    BalasHapus
  13. Kenapa saat mendaftar di PU ngikutin alurnya pas di akhir2nya ada pemberitahuan kalo nik tidak valid.padah sudah dicek berkali-kali tetp sama sama di e-kTp.kenapa bisa ya??sya mau ngecek saldo bpjsku. Mohon infonya.

    BalasHapus
  14. Saya daftar baru ga bisa jawabannya nik sudah terdaftar pada @mail......
    Sementara saya login dg @mail tsb dapat jawaban @mail tidak ditemukan padahal @mail tsb aktif.... Mohon bantuannya terimakasih

    BalasHapus