Cara Cek Saldo JHT BPJS Tk Lewat SMS Ternyata Gampang Banget!

Bisa dibilang ini adalah informasi cara cek saldo JHT Jamsostek/BPJS ketenagakerjaan via SMS terbaru di 2019. Sebab dulu di tahun-tahun sebelumnya juga ada cara cek lewat SMS ke nomor 08111009696, yang ternyata sekarang nomor tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi. Sudah berganti nomor yang baru yaitu 2757.

Cara ini merupakan bagian dari Layanan SMS 2757 yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan untuk semakin mempermudah pesertanya dalam memperoleh beberapa info terkait kepesertaannya. Layanan SMS 2757 meliputi cek status kepesertaan, mengganti nomor telepon yang sebelumnya sudah didaftarkan, layanan ganti PIN, dan juga untuk melihat jumlah saldo JHT seperti yang kita bahas kali ini.
Baca Juga: Cara Terbaru Cek Saldo JHT Lewat Aplikasi BPJSTKU
Gambar Petunjuk Cara Cek Saldo JHT lewat SMS
Source: Official Fanpage of BPJS Ketenagakerjaan
Sebenarnya ada beberapa cara mengecek saldo JHT (Jaminan Hari Tua) selain melalui SMS. Antara lain bisa lewat aplikasi BPJS TK Mobile, bisa juga dengan cara login ke website BPJS Ketenagakerjaan dengan akun BPJS TK anda, cek lewat ATM BNI dan BRI, dan bisa juga dicek langsung dengan mendatangi kantor BPJS terdekat. Tapi tentu saja cara cek via SMS yang paling praktis. Mudahnya cara cek saldo JHT via SMS karena bisa dilakukan dimana saja tanpa perlu akses internet. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah handphone bahkan hp jadul sekalipun, cukup dengan mengetik pesan:

SALDO spasi No_Peserta

Lalu kirim ke 2757, nanti kita akan mendapat SMS balasan berisi informasi total saldo JHT.

Tapi untuk bisa menikmati fasilitas cek saldo via SMS tersebut, kita wajib registrasi/mendaftarkan nomor handphone kita terlebih dahulu. Cara pendaftaran juga cukup mudah. Pertama siapkan KTP untuk nanti diambil NIK-nya, KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau disebut juga kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan untuk nanti juga diambil nomor kepesertaannya. Dan yang kedua ponsel dengan pulsa secukupnya. Karena layanan ini tidak gratis. Dalam sekali SMS akan dikenakan tarif Rp. 165.

Untuk sementara ini provider yang mendukung layanan cek saldo JHT via SMS ini hanya buat peserta yang menggunakan kartu SIM Telkomsel (Simpati, Kartu As), Indosat (IM3) dan XL Axiata juga sudah bisa.
Baca Juga: Sekarang Tak Perlu Datang Shubuh Supaya Kebagian Nomor Antrian Pencairan JHT di Kantor BPJS TK, Gunakan Saja Layanan Ini
Berikut ini format SMS pendaftarannya:

DAFTAR spasi SALDO#NO.KTP#NAMA PESERTA#TGL LAHIR (DD-MM-YYYY) #NO.KARTU BPJS TK/JAMSOSTEK#Email(jika ada)

Kemudian kirim ke 2757.

Kecuali alamat email, huruf-huruf jangan lupa diketik dengan menggunakan huruf besar (kapital). Untuk alamat email silahkan diisi jika Anda memiliki, kalau tidak ada tidak dicantumkan tak apa-apa.

Contoh:

DAFTAR SALDO#1401073010890002#YENNY SUSANTI#30-10-1989#11025697118001#yennysusanti@gmail.com

Kirim ke 2757

Tunggu sampai ada balasan SMS yang memberitahukan bahwa registrasi berhasil. Kalau pendaftaran sudah sukses, berarti nomer hape sudah bisa digunakan untuk cek saldo JHT kapan saja dimana saja tanpa perlu melakukan pendaftaran lagi. Jadi cukup mendaftar sekali, bisa digunakan untuk cek saldo berkali-kali.

Cara kirim SMS pengecekan saldo JHT berformat seperti ini:

SALDO Spasi NO_PESERTA

Lalu kirim ke 2757

Contoh:

SALDO 11025697118001

Kirim ke 2757

Oh iya, selain via SMS, saldo jht Jamsostek juga bisa dicek dengan mudah lewat ATM BRI, ATM BNI, aplikasi BPJSTK Mobile dan lain-lain. Jadi banyak alternatif yang bisa dicoba. Silahkan baca 6 cara lain untuk cek saldo JHT selengkapnya Di Sini.

Demikianlah cara cek saldo JHT menggunakan SMS. Mudah dan cukup praktis bukan?

Baca Juga: Cara dan Syarat Terbaru Mencairkan Uang JHT BPJS TK/Jamsostek Tahun 2019
Silahkan dicoba dan semoga berhasil. Jika gagal, silakan diulangi secara berkala sampai berhasil. Mengingat banyaknya peserta BPJS TK yang menggunakan Layanan SMS 2757 ini, wajar jika terkadang SMS yang dikirim mengalami kegagalan. Terima kasih.

76 Responses to "Cara Cek Saldo JHT BPJS Tk Lewat SMS Ternyata Gampang Banget!"

  1. Apakah bisa mencairkan BPJS ketenagakerjaan tanpa adanya kartu keluarga dan hanya foto copy kartu keluarganya saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidam bisa, Mas. Pengajuan klaim JHT wajib melampirkan KK yang asli dan fotokopinya. Jika hanya fotokopinya saja,maka Pencairan anda akan ditollak.

      Hapus
    2. Maaf pak kalau boleh tau kenapa kalau cek saldo BPJS ketenaga kerjaan lewat sms selalu gagal

      Hapus
    3. Maaf mau nany kalau mau batalin antrian gimana caranya tolong bantu donk

      Hapus
  2. cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan itu lewat transfer atau tunai ya, klo transfer apa bisa menggunakan atm bca?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencairan JHT hanya lewat transfer bank, tidak bisa secara tunai. Rekening banknya bebas boleh bank apa saja, termasuk bank BCA. Syaratnya rekening bank tersebut atas nama Anda sendiri.

      Hapus
  3. Cara cek bpjs online gmna ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang dicek apanya Mas? Saldo JHT atau status kepesertaan?

      Hapus
    2. Cek status kepesertaannya dri kapan sampai kapan dimana ya mas ?

      Hapus
  4. Pak kalau jht dobel,,yg gk aktif bisa di ambil gk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama masih ada yang aktif, JHT belum bisa dicairkan. Harus non aktif semua.

      Hapus
  5. Untuk update data (pergantian no KTP krn beda nomor) prosesnya bagaimana ya? Apa saja dokumen yg harus dibawa?Sementara skr sy msh bekerja dan berniat akan resign.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Amin Suyitno.

      Silakan lakukan koreksi data di kantor cabang terdaftar dengan membawa berkas sebagai berikut :
      1. Kartu peserta,
      2. E-Ktp,
      3. Kartu keluarga,
      4. Surat keterangan masih aktif bekerja dari perusahaan (apabila masih aktif) atau paklaring (jika sudah non-aktif). Terima kasih.

      Hapus
    2. Terima kasih informasi nya mas riyan..sangat bermanfaat..

      Hapus
    3. Saya mo cairin bpjs dah 1 bulan saya berenti bisa cair ga ya,,

      Hapus
  6. Kenapa saya tidak bisa daftar lewat sms untuk cek saldo jamsostek saya.tolong beri tahu caranya.trmakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Chimikhodi

      Silakan dicoba lagi secara berkala. Saat-saat ini pihak BPJS Ketenagakerjaan memang masih melakukan peningkatan kapasitas sistem informasi sehingga berdampak pada layanan e-service (aplikasi BPJSTKU, SMS saldo, dan website).

      Hapus
    2. Mas.. Apakah bisa cairkan bpjs tapi yg punya bpjsnya udd meninggal.. Kira2 persyaratannya apa aja ya mas?? Dan cara cek saldo via sms msh bisa tidak coz mau lewat email saya tidak tau karna yg punya bpjsnya sdh meninggal adik saya

      Hapus
  7. Saya terakhir kerja aktif menggunakan jamsostek dari perusahaan bulan agustus 2015 . Tapi knapa saya mau cek online saldo , katanya punya saya ga aktif . Jadi apa yg harus saya lakukan agar bisa cek saldo saya . Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Zaki Zakaria

      Silakan dicoba lagi secara berkala. Bulan-bulan ini BPJS Ketenagakerjaan masih melakukan peningkatan kapasitas sistem informasi sehingga berdampak pada layanan e-service (aplikasi BPJSTKU, layanan SMS 2757, dan website). Terimakasih.

      Hapus
    2. Sy dulu pernah kerja kontrak di BANK BRI tp sdh keluar dan sy sdh pernah memiliki kartu BPJS ketenaga kerjaan, di slip gaji saya ada iuran bpjs namun kartunya sdh hilang dan sy sdh 5tahun keluar dari BRI, gmn pengurusan kartu BPJS ketenagakerjaan yg hilang?

      Hapus
  8. Ada layanan melalaui email gak mas buat cek saldo . Kalo ada gmna caranya .. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Zaki Zakaria

      Tidak ada layanan cek saldo JHT lewat email. Cek saldo hanya bisa dengan SMS, Aplikasi BPJSTKU, Login ke website BPJS Ketenagakerjaan atau dàtang langsung ke kantor BPJS TK. Sementara layanan çek saldo via ATM sekarang sudah tidak berlaku lagi.

      Hapus
  9. Syarat Untuk mencairkannya apa saja Gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan Muhammad Ahmad

      Silakan baca artikel blog ini yang berjudul Cara Mencairkan JHT BPJS TK 2018. Disitu tertulis lengkap, Gan. Mulai dari syarat-syarat hingga tata cara pencairannya. Terima kasih.

      Hapus
    2. bisa kah kita cairkan tanpa adanya Paklaring tp status nya sudah non aktif selama 8 bulan ?

      Hapus
    3. Muhammad Ahmad

      Pencairan JHT tidak bisa dilakukan jika tanpa Paklaring, kecuali bekas perusahaan tempat Anda bekerja itu sudah tidak beroperasi alias sudah tutup. Jika perusahaan sudah tutup, paklaring bisa diganti dengan membuat surat pernyataan bermaterai.

      Jika perusahaan masih ada, silahkan diurus dulu paklaring/surat rekomendasi. Terima kasih.

      Hapus
  10. Saya ada dua kartu peserta, yg lama masih jamsostek dan terakhir kerja akhir 2016, dan kemudian kerja lgi pertengahan 2017 diperusahaan berbeda. Dan mendapatkan kartu baru. Kemudian saya daftar via online (aplikasi) no peserta yg dri perusahaan baru. Ternyata saldo hanya diperusahaan baru. Kemudian daftar lgi dengan no peserta yg lama, ternyata gk bisa (nik sudah terdaftar). Jadi pertanyaan saya kemana saya harus mengadu untuk saldo dikartu peserta saya yg lama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bung One Man

      Aplikasi yang baru, yaitu BPJSTKU memang tidak bisa menampilkan saldo JHT lebih dari satu kartu, tidak seperti seperti aplikasi sebelumnya (BPJSTK Mobile). Entah memang seperti ini seterusnya, atau ini hanya sementara karena sedang ada penyempurnaan terhadap kinerja aplikasi BPJSTKU.

      Solusinya, sebaiknya digabungkan saja (diamalgasi) saldo di kartu yang lama disatukan dengan saldo di kartu yang baru, supaya mudah mengeceknya dalam satu kartu saja.

      Hapus
  11. Mas knp saya cdk saldo via sms 2x jwban nya
    Maaf, keyword atau shortcode yang anda kirimkan salah. Mohon dicoba kembali.


    Knp ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya. Mungkin sedang gangguan sistem. Mungkin data-data Anda tidak cocok. Dan lain sebagainya. Coba diulangi lagi secara berkala. Jika masih terus gagal juga, silahkan menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan melalui telepon di nomor (021) 1500910, nanti Anda akan dimintai data-data kepesertaan, untuk kemudian dicari penyebabnya apa.

      Hapus
  12. Klo nomer hp pas awal daftar jamsostek skrang uda gg aktif.. Trus cek pakai nomer lain bisa gag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tapi harus melakukan registrasi ubah nomor terlebih dahulu dengan cara SMS ke 2757 dengan format:

      DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)NO_HP_Baru#NO_HP_LAMA#NO_KTP

      Hapus
  13. Mas saya sudah sms . Tapi ko gabisa ya? Ada balasan seperti ini
    Maaf layanan yg Anda inginkan tdk tersedia.


    Knp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diulangi secara berkala, dan pastikan sebelumnya belum registrasi layanan SMS 2757 menggunakan nomor lain.

      Hapus
  14. Sudah berulang kali daftar ttp ae GK bisa. Mana aplikasinya susah bgt masuk . 😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika masih terus gagal juga, silahkan menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan melalui telepon di nomor (021) 1500910, nanti Anda akan dimintai data-data kepesertaan, untuk kemudian dicari penyebabnya apa.

      Hapus
    2. mas gimana caranya mengetahui kartu kpjnya hilang nonor tidak diketahui..apakah bisa di lacak melalui nomor ktp?

      Hapus
  15. Gimana cara cek saldo di kartu yg bru?. Krna kartu lamaku udah ku cairkan. Aku cek pake emailku. Tapi yang muncul hasil kartu yg lama atau yang sudah ku cairkan? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena email tersebut sudah terkait dengan kartu yang lama, jadi silahkan coba registrasi menggunakan email dan nomor handphone yang berbeda dengan yang sudah digunakan untuk kartu yang lama. Aplikasi yang sekarang (BPJSTKU), memang hanya bisa untuk cek satu kartu saja, kecuali kartu2 yang lainnya sudah digabungkan saldonya.

      Hapus
  16. Kalau seumpama mau mencairkan dana jamsostek tp cm pakai 1 surat paklaring bisa gk? Udh pernah kerja 2x..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paklaring merupakan syarat penting mas, jadi wajib ada. Kalo anda pernah 2x bekerja, tapi hanya memiliki satu paklaring, berarti hanya JHT dari perusahaan yang ada paklaringnya yang bisa dicairkan.

      Silakan diurus paklaring satunya, biar bisa cair dua2nya. :)

      Hapus
  17. Saya juga gk bisa ngecek saldo jamsostek saya.. Mohon bantuanya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan diulangi secara berkala dan pastikan formatnya benar. Sudah bànyak yang berhasil kok...

      Hapus
  18. Info validnya gimana sih mas, pake no rekening org lain(istri)ga bisa ya? Cash emg ga bisa ya?

    BalasHapus
  19. saya mau cek saldo lwt sms tp gagal trus knp ya..trus cara membuat e-klaim gmn ya..tlng info nya ya mas..mksh

    BalasHapus
  20. klo mau bikin e-klaim pke hp bs ga..

    BalasHapus
  21. Cara untuk mereset atau mendaftar ulang kartu no peserta BPJS gimana ya pak, kalau untuk alamat email dan no handphone yg sudah terdaftar sudah tidak vailed lagi..
    Mohon infonya sekali.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  22. selamat pagi..singkat sj saya mau tanya BPJS ketenagakerjaan saya ikut ke amalgamasi orang lain karena kbetulan namanya sama tapi beda alamat.dan kbtulam juga sudah di cairkan.nah saat saya mau mencairkanya sudah tidak bisa..mohon maaf bgaimana ya solusinya.
    trima kasih

    BalasHapus
  23. Mas klw ngecek saldo bpjs via sms daptar no nya bebas tau kartu tertentu?....

    BalasHapus
  24. mau tanya dong. saya punya jamsotek sama bpjs tetapi terdaftar di aplikasi bpjs online atas nama email orang lain. nah orang yg punya email nya lupa pasword. itu bagai mana ya solusi nya?

    BalasHapus
  25. Mas Ryan saya mau tanya nih..
    Saya punya 1 kartu BPJS Tk dari kantor yg lama dan skrng setatusnya sudah tidak aktif dan saya juga sudah ada paklaring nya di perusahaan tersebut, terus saya bekerja lagi di perusahaan yg baru tapi cuma sebentar bis itu saya resign ,di tmpt yg baru td saya sudah di daftarin ke BPJS TK yg baru, tapi karena saya sudah tdk bekerja lgi di perusahaan tersebut terus BPJS TK nya juga sudah di nonaktifkan tpi saya tdk di kasih paklaring sm kartu BPJS Tk nya,, pertanyaan saya adh apakah saya bisa mencairkan BPJS TK saya yg lama ( status bpjs tk tdk aktif & ada paklaring ) tanpa saya mencairkan bpjs tk Di perusahaan yg Baru yg td saya ceritakan karena saya tdk dikasih kartu bpjs tk sama paklaring nya pdhal saya juga udh resign Di perusahaan tersebut dgn status bpjs tk sudah tdk aktif..
    Note :
    Posisi saya skrng sudah tdk bekerja Di perusahaan manapun Dan saya sudah tdk mempunyai kartu bpjs tk yg aktif..
    Mohon Di respond pertanyaan saya.
    Thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Pak untuk kartu yang pertama dari perusahaan yang pertama itu. Yang penting kepesertaann BPJS TK di perusahaan yang kedua sudah benar-benar non aktif.

      Hapus
  26. ijin bertanya
    mau mencairkan tp untuk nama dan tgl lahir ada yg salah
    gmn
    apakah bisa? ?

    BalasHapus
  27. saya ngak bisa cek lagi lewat sms
    biasa nya klu sya cek
    cuma ketik saldo no peserta langsung bisa tapi sekarang keluarnya nomor anda belum terdaftar...
    tlp cs nya kena biaya premium belum sempat nanya pulsa hbs kira kira kendalanya knp ya gan.

    BalasHapus
  28. Saya sudah bicara ke perusahaan terus menerus kalau bpjs saya masih aktif dan katanya sudah d non aktifkan lewat online tinggal nunggu saja.. padahal saya sudah keluar dan dpt paklaring 2bln yg lalu.. Apakah saya tidak bisa menonaktifkan sendiri ya?

    BalasHapus
  29. Izin bertanya..🙏
    e-KTP sy hilang.
    Utk pencarian bpjstk, bisakah hny fotocopy& surat kehilangan dr kepolisian..?! Mohon Advice nya..🙏

    BalasHapus
  30. Pak maaf saya mau tanya nih .
    3 taun silam saya pernah bekerja di perusahaan, setelah itu saya habis kontrak dan tidak mendapatkan kartu fisik bpsjk ketenagakerjaan,saya hanya di kasih bpjs pensiun .setelah dari perusahaan tersebut saya kembali bekerja diperusahaan laen .
    Dua taun ini saya habis kontrak pula .
    Niat saya ingin mencairkan bpjs yang di perusahaan kedua ini,namun dari perusahaan engga di kasih fisik kartunya pula .saya di suruh download app bpjstk .namun setelah saya mencoba download itu tdk bìsa .dan responnya "memiliki 2 email atau nomer tlp silahkan pilih salah satu " itu kenapa ya pak ??
    Apa saya harus ganti email ato gimna .untuk pencairan pun harus menggunakan fisik bpjs yang asli
    Mohon bantuannya dan sarannya ..

    BalasHapus
  31. mlm p saya mau tnya.saya klau mau cairin jaminan pensiunan bsa g klau umur saya blum 55tahun

    BalasHapus
  32. Saya dftar ke perusahaan wktu ktp nya blum elektrik dan skrg gnti udh jdi elektrik no nik nya beda udh ke kntor kpnddukan mnta no nik nya yg lama mlah ga bisa skrg mlah yg aktf yg elektrik no nik nya trus bln depan rencana mau nyairin bpjs nya gmna ya pak bisa cair ga klo mslah bgitu? Sblmnya trima kasih

    BalasHapus
  33. Mau nanya mas,kemarin saya habis mencairkan bpjs ketenaga kerjaan,hanya saja saya masih pegang kartu jht. Apakah saya masih ada saldo jht? Bisakah dicek via atm?

    BalasHapus
  34. Pak cek saldo jht kok gak bisa ya, ,,selalu dapat balasan "hanya ikut program jkk dan jkm"pdhal tiap thn selalu dapat saldo print dari bpjs,, tapi mulai thn 2018 sampai 2019 gak pernah dapat print saldo lagi, ,,

    BalasHapus
  35. Berulang x sms ke 2757 selalu di jwb....Mohon maaf untuk saat ini sistem sedang mengalami masalah, silahkan ulangi beberapa saat lagi (ex)
    Pd hal sms berbayar teraus....ini apa modus dari jamsostek biar dapat untung dari sekian x sms yang di kirim....apa cuma modus yg tidak bermutu untuk mencari keuntungan....????????????????

    BalasHapus
  36. Cek saldo aja susah...pd hal uang sendiri & kita tdk maling
    Apalagi mau mencairkan....gk kebayang ribet & pastinya di oersulit

    BalasHapus
  37. Kenapa saya tidak bisa cek saldo melalui bpjstku

    BalasHapus
  38. Bagaimana kalo nik di pakai orang lain
    Dana email,sandi, serta no hp telah di bobol orang lain
    Tidak bisa masuk BPJS
    TK

    BalasHapus
  39. dulu waktu resignt kerja ,saya ambil saldo jamsostek tapi nga dicairin smua,katanya sisanya bisa diambil diatas umur 45th,gmn tuh

    BalasHapus
  40. Bisa kah saya cairkan Jamsostek saya yg sdah lebih dari kira2 16 tahun tidak saya lihat saldonya berapa...dan juga daya tidak dapat paklaring dari perusahaan saya dulu karena saya kluar tapi saya pegang kartu Jamsostek yg model lama...untuk lihat saldo aja sudah saya coba dengan SMS ke 2757 tapi sampe sekarg blum di jawab...
    Terimakasih info nya klu ada yg menginfokan soal ini ...trimmmss

    BalasHapus
  41. Mau nanya pak, kami ngurusnya bulan juni apakah bisa dapat blt itu?

    BalasHapus
  42. Saya udah berhenti bekerja 4 bulan tapi status saya masih aktif karena perusahaan belum byar tunggakan nya.. apa masih bisa di klaim.. tolong pengarahan nya..

    BalasHapus
  43. Mas saya mau tanya jika surat berhenti kita dari tempat kerja lama tidak ad LG dan hilang trs saya mau cairkan Jamsostek tenaga kerja saya ap bisa

    BalasHapus
  44. Ko tidak bisa cek saldo lewat sms

    BalasHapus
  45. Mas saya mau tanya ,saya punya dua kartu BPJS ketenagakerjaan di tempat kerja yg sama .jadi waktu 2016 saya sakit dan brenti berkerja ,masuk lagi tahun 2019 saya masuk berkerja LG di PT yg sama .dan sekarang sudah lama resign ingin mencairkan Jamsostek,dr kartu BPJS nya sudah tidak aktif tapi pas daftar online kenapa status kepesertaan masih aktif .itu kenapa ya mas ??

    BalasHapus
  46. siang mas..apakah nomor kpj dapat dilacak melalui no ktp mas..krn kartu saya hilang dan nomor tidak diketahui..mohon infonya mas..makasi

    BalasHapus
  47. Selamat hari semua, nama saya Aria Nuno saya berasal dari singapura saya ingin mengucapkan terima kasih yang besar kepada Dr Ajobi atas kekuatan magis yang dia gunakan untuk mengembalikan ketenangan kembali ke perkahwinan saya. Setelah 7 tahun berkahwin dengan suami saya, Encik Nuno Fernando, dia memutuskan untuk meninggalkan saya dan dua anak saya untuk wanita lain, ketika saya melayari suatu hari Isnin pagi, saya melihat sebuah pos mengenai Dr Ajobi bagaimana dia menggunakan kekuatan ajaibnya untuk membantu orang yang saya putuskan untuk menghubungi dia untuk pertolongan juga saudara dan saudari saya percaya Dr Ajobi memberitahu saya apa yang harus saya lakukan dan wang yang dia minta saya bayar untuk membeli bahan asli untuk kerja saya setelah 7 hari suami saya yang tidak menelefon, dipanggil untuk mengatakan maaf kerana meninggalkan saya dan anak-anak. Sekarang kami bahagia hidup bersama seperti sebelumnya saya katakan Tuhan memberkati anda Dr Ajobi atas karya yang luar biasa. Dr Ajobi juga membantu dalam masalah berikut:
    1. JIKA ANDA INGIN MENYEMBUHKAN KANSER
    2. JIKA ANDA INGIN MENYEMBUHKAN DIABETES
    3. JIKA ANDA INGIN MENYEMBUHKAN STROKE
    4. JIKA ANDA MAHU KEMBALI EX ANDA
    5. JIKA ANDA TIDAK BOLEH MENINGGALKAN WANITA
    6. JIKA ANDA TIDAK BOLEH MENDAPAT KEHAMILAN
    7. JIKA ANDA INGIN PROMOSI BERGANDA DI TEMPAT KERJA ANDA
    Maklumat hubungan Dr Ajobi adalah seperti berikut:
    NOMBOR TELEFON: +2349059178529
    NOMBOR WHATSAPP: +2349064706881
    ALAMAT E-mel: drajobispell@outlook.com

    BalasHapus